HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN CRH DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i1.P41-51.9479Keywords:
CRH, Hasil Belajar, Make A Match, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan interaksi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan Make A Match. Adapun penggunaan kedua model tersebut juga diteliti dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan desain treatment by level. Data dikumpulkan dengan cara observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan t-test Independen Dua Sampel dan Analisis Varian Dua Jalan (ANOVA). Penelitian ini dilakukaan di SMPN 2 Tulang Bawang Tengah yang memiliki populasi 6 (enam) kelas dengan sejumlah 188 siswa dan diambil sampel 2 (dua) kelas sebanyak 63 siswa yang di tentukkan melalui teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH dan Make A Match dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 33,687 > 3,14, model pembelajaran CRH lebih efektif daripada Make A Match pada siswa baik yang memiliki motivasi belajar tinggi (thitung > ttabel atau 2,943 > 2,109), sedang (Thitung > Ttabel atau 2,389 > 2,063) dan rendah (Thiting > Ttabel atau 4,525 > 2,119), serta terdapat interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu yang ditunjukkan oleh Fhiting > Ftabel atau 4,316 > 3,16.
References
Afrizal, R. (2018). Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Siswa. Universitas Lampung.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Djaali, H. (2009). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Faradita, M. N. (2017). . Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS DI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sekolah Dasar, 1(2), 185–192.
Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Jacobs, M., George, Renandya, A., & Willy. (2019). Student Centered Cooperative Learning Linking Concepts in Education to Promote Student Learning. Springer International Publishing.
Kusumahati, M. (2014). Keefektifan Model Course Review Horay Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS. Journal Of Elementary Education, 3(2), 20–29.
Marhadi, Hendri, & Dkk. (2018). Effect Of Learning Model CRH On Elementary Students Learning Outcom In Social Subject. Journal Of Teaching and Learning In Elementary Education, 1(1), 20–29.
Nureva, & Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqro’ Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.
Paramita, I., Utami, R. H., & W Isnaeni. (2012). Penggunaan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Sistem Gerak. Unnes Journal Of Biology Education, 1(3), 287–294.
Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Kependidikan. Kalam Mulia.
Relmasira, Stefanus, C., & Mesti Fajar Romadhoni. (2017). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CRH dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 93–104.
Suroto, Rizal, Y., & Nurdin. (2015). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Performance. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 3(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/8838
Suroto, Rusman, T., Aswir, E. S., & Prasetyo, E. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Scafolding Dan Artikulasi Terhadap Kecakapan Hidup Dengan Memperhatikan Emotional Question Siswa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 83–91. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.638