POLA KONSUMSI KARYAWAN ALFAMART RAWA BUNTU SELATAN F
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i1.P52-60.9535Keywords:
Pola Konsumsi, Karyawan, Perilaku Konsumen,Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola konsumsi berdasarkan kebutuhan yang dialami oleh karyawan Alfamart Rawa Buntu Selatan F, baik dari segi pola konsumsi makanan dan non makanan mereka apakah termasuk jenis prilaku konsumsi yang rasional atau irasional. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada tiga orang key informan dan tiga orang yang terdekat yang disebut dengan informan dan juga dengan observasi secara langsung serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian dan Simpulan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola konsumsi satu Key Informan dinyatakan rasional. Hal ini disebabkan karena pendapatan yang diperolehnya lebih besar apabila dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan untuk kegiatan konsumsi baik konsumsi makanan dan juga non makanan. Dua key informan lainnya dinyatakan irasional. Hal tersebut disebabkan oleh besarnya pengeluaran yang mereka keluarkan untuk melakukan konsumsi makanan dan non makanan tidak sebanding dengan besarnya pendapatan yang mereka terima setiap bulannya.References
Antari, Sedana. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Modal terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. ISSN:2302-8912.
Etta Mamang, Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. C.V Andi Offset.
Hyman, Eric L. (2012). The Role Of Small and Micro Enterprises in Regional Development. Bulletin of Indonesian Economics Studies. 4(4): pp: 197-214.
Mankiw. (2013). Pengantar Ekonomi Makro Edisi Asia. Jakarta: Salemba Empat.
Martani, Dwi dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Schiffman & Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Setiadi, Nugroho J. (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sukirno, Sadono. (2013). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tama, Bayu Adhi. (2014). Implementasi Teknik Data Mining Di Dalam Konsep Customer Relationship Management (CRM), Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, p. 58.
Yulia, Fatma. (2010). Pola Konsumsi, Gaya Hidup, Indeks Masa Tubuh. Yogyakarta: UGM.