PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP IT INSAN HARAPAN

Authors

  • SELVI SOPIANA Universitas Pamulang
  • RUSMAINI RUSMAINI Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P76-83.9645

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Variasi Mengajar, Motivasi Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat variabel yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa variabel tersebut diambil dari faktor eksternal dan internal yaitu variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Adapun Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan Kuantitatif, metodologi penelitian menggunakan Asosiasi serta metode penelitian dengan menggunakan Angket. Jumlah populasi sebanyak 92 orang siswa kelas VIII di SMP IT Insan Harapan, dengan jumlah sampel 75 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan Angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dapat melalui variasi mengajar guru namun tidak hanya itu faktor internal dari siswa pun yang berupa motivasi belajar juga mampu memberikan pengaruh meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

References

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo.

Hamalik, O., (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnan Jamil. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Solokan Selatan. Journal of Economic and Economic Education Vol.2 No.2 (85 - 98).

Indah Ayu Lestari, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat. (2017). Hubungan Persepsi Siswa kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia

Kusworo, K., Rizal, Y., & Rusman, T. (2014). PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(1).

Rusmaini, R. (2019). Kemampuan Dasar Mengajar.

Soffiatun, S., & Rusmaini, R. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar Pada Mahasiswa Semester 6c Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang (Studi Analisis Keterampilan Menjelaskan). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan Rnd. Bandung : Alfabeta.

Thalis Khusna Jati, (2016). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus 1 Kecamatan Kasian Kabupaten Bantul

Widya Mustika, Elvi Rahmi, 2019, Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Kelas X IIS SMA Pertiwi 1 Padang Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

SOPIANA, S., & RUSMAINI, R. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP IT INSAN HARAPAN. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 76–83. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P76-83.9645

Issue

Section

Articles