PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • UUN KURNIASIH Universitas Pamulang
  • HERI INDRA GUNAWAN Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P92-98.9654

Keywords:

Fasilitas Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. 2) Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. 3) Pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana siswa bertindak sebagai objek utama penelitian dan penelitian ini dilaksanakan di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan dengan jumlah sampel 50 siswa yang diambil dari kelas XI IPS A DAN XI IPS B, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi nilai, wawancara, dan angket. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. 2) Terdapat pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. 3) Terdapat pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA ALMUBARAK Pondok Aren Tangerang Selatan. Dengan penelitian ini di harapkan  sekolah dapat mengetahui hal yang mampu mempengaruhi prestasi belajar siswa selain proses dalam pembelajaran di kelas.

References

Departemen Pendidikan Nasional RI. (2012). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Gunawan, Heri Indra. (2020). Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada.

Gunawan, Heri Indra. (2020). Nilai Religius Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Jurnal Eduka, Vol 5 No 1.

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2014). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi, Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

KURNIASIH, U., & GUNAWAN, H. I. (2021). PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 92–98. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P92-98.9654

Issue

Section

Articles