KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODUL PRAKTIKUM UNTUK MATAKULIAH KOMPUTER AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.P108-116.9879Keywords:
bahan ajar, modul, hasil belajar, keefektifan,Abstract
Pembelajaran yang efektif dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya ketersediaan sarana dan prasarana, media pembelajaran, pemilihan bahan ajar, serta pemilihan metode yang tepat oleh dosen. Bahan ajar menjadi bagian yang penting dalam proses pembelajaran. Modul praktikum dianggap sesuai dengan pembelajaran aplikasi komputer karena karakteristik matakuliah aplikasi komputer yang bersifat praktik dan menggunakan bantuan hardware komputer untuk mengoperasikannya. Penelitian menganalisis perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modul praktikum myob accounting untuk perusahaan manufaktur dengan tanpa modul praktikum pada matakuliah komputer akuntansi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t dengan berbantuan alat uji SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul praktikum myob accounting untuk perusahaan manufaktur dalam matakuliah komputer akuntansi dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa aspek pengetahuan, ditunjukkan oleh nilai equal variances assumed 5,999 dengan signifikansi 0,000<0,05. Kompetensi unjuk kerja mahasiswa dengan penggunaan modul praktikum myob accounting juga lebih baik disbanding mahasiswa yang tidak menggunakan modul praktikum myob accounting. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan modul praktikum efektif pada pembelajaran komputer akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa baik pengetahuan maupun keterampilan.
References
Agustina, Irnin et all. (2018). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students’ Science Process Skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. Volume 7 Nomor 2: 183-196.
Basuki, Ismet. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Belajar. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dhamija, Neelam & Ms Kanchan. (2014). Effectiveness of Self Learning Modules on the Achievement and Retention of Undergraduate Students in Commerce. Educationia Confab, 3 (2), 26-32.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Khalid Abida et all. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 5; March 2012.
Mulyasa E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Norlidah Alias. (2012). Design and Development of Physics Modulebased on Learning Style and Appropriate Technology by Employing Isman Instructional Design Model. The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2012, volume 11 Issue 4.
Pujiati. (2006). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar akuntansi Untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi, (Online), (http://digilib.unila.ac.id/go.)
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.