Pelatihan Pengelolaan Bisnis Salon Kencantikan Bagi Ibu Rumah Tangga yang Mengambil Kursus di LKP Daya Insan Nusantara Abadi

Authors

  • Saiful Anwar Universitas Pamulang
  • Soffi Sofiatun Universitas Pamulang
  • Dina Yulita LKP Dina
  • Lodya Sesriyani Universitas Pamulang
  • Rusmaini Rusmaini Universitas Pamulang
  • Fiqoh Apriliani Apriliani

Abstract

Diera globalisasi sekarang ini yang mana membuat tuntutan hidup dan gaya hidup menjadi semakin berat, membuat banyak ibu rumah tangga yang semula hanya fokus untuk mengurusi anak dan suami serta semua hal dalam urusan rumah tangga mulai tergugah hatinya mulai mengasah kembali skill yang dimiliki dan diwujudkan dalam sebuah kesibukan produktif yang menghasilkan. Banyak sekali ibu rumah tangga memiliki sklill yang didapatkan secara otodidak ingin mengasar kembali skill yang dimilikinya tetapi terkendala dengan dana yang ada sehingga akhirnya mereka hanya bisa berangan-angan dan mencurahkan stress mereka ke dalam media sosial. Kami bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan melakukan pelatihan pengelolaan bisnis kencantikan bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemamauan kuat membuka bisnis salon tetapi terkendala dana. Disini kami berbagi tugas untuk pelatihan dari sisi teknik diberikan oleh LKP Dina, sedangkan pelatihan dalam pengelolaan dari sudut pandang bisnis dilakukan oleh kami sebagai tim pengabdian. Pelatihan ini dilakukan selama 3 Bulan dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang dan dilakukan di LKP Daya Insan Nusantara Abadi. Berdasarkan pelatihan yang dilakukan sudah berdiri 4 Usaha Jasa Salon Kecantikan dan tata Rambut.
Kata kunci: Bisnis Jasa; Salon Kecantikan dan Tata Rambut

References

Greenhouse & Beutell. 1985. Sources of Conflict Between Work And Family Roles. Academy of Management Review. 10(1) halaman 76-88.

Tjiptono, F. & Chandra, G. & Adriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Anwar, Saiful. (2018). Analisa Timed Based Conflict, Strain Cased Conflict dan Behavior Based Conflict Pada Perempuan yang Menjalankan Bisnis Keluarga. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol. 3 No 2 Oktober 2018.

Downloads

Published

2021-06-07