Pendekatan Manajemen Strategi dalam Penggunaan Aplikasi BIP Untuk Proses Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19

Authors

  • Pusporini Palupi Jamaludin Universitas Pamulang
  • Elizabeth Tika kritina hastuti Universitas Pamulang
  • Paeno Paeno Universitas Pamulang
  • Yeni Septiani Universitas Pamulang

Abstract

Abstract : The purpose of Community Service Activities is to carry out one of the Tri Dharma of Higher Education, especially in Pamulang University.
This community service activity is in collaboration with SDN Rancagong II partners located in the legok sub-district, in order to use the effectiveness of the BIP application, PKM program activities with a strategic management approach for the learning process during the Covid -19 pandemic.
In order to use the effectiveness of the use of the BIP application, PKM program activities with a strategic management approach for the learning process during the Covid -19 pandemic.
In addition, it is hoped that with this community service, the existence of universities can contribute to the development of scientific application to the community. The method used in community service is conveying material verbally in this implementation, the material in counseling contains how these community service activities help students and teachers in learning management to be more effective during the Covid pandemic, the Bip application because it has high-quality video call services which better than Whatsapp.
The community service obtained is a solution for students and teachers by using the BIP application, this strategy does not require a strong internet network, even in a weak internet network, this application can still be used.
Keywords: Strategic Management, Beep Application, Learning during the pandemic


Abstrak : Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang.
Kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini    bekerja  sama  dengan mitra SDN Rancagong II yang berlokasi di kecamatan legok, dalam rangka penggunaan efektivitas penggunaan aplikasi BIP, Program kegiatan PKM dengan pendekatan manajemen strategi untuk proses pembelajaran di masa pandemi covid -19.dalam rangka penggunaan efektivitas penggunaan aplikasi BIP, Program kegiatan PKM dengan pendekatan manajemen strategi untuk proses pembelajaran di masa pandemi covid -19.Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi dalam penyuluhan berisi tentang bagaimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini membantu siswa dan guru dalam manajemen pembelajaran agar lebih efektif di masa pandemi covid aplikasi Bip karena memiliki layanan video call berkualitas tinggi yang lebih baik daripada Whatsapp. pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah Solusi untuk siswa dan guru dengan menggunakan Aplikasi BIP strategi ini tidak memerlukan jaringan internet yang kuat, bahkan dalam keadaan jaringan internet lemah pun aplikasi ini tetap bisa digunakan.
Kata kunci : Manajemen Strategi, Aplikasi Bip, Pembelajaran masa pandemi.

Author Biography

Pusporini Palupi Jamaludin, Universitas Pamulang

manajemen SDM

References

Agustino, L. (2020, August 24). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

A.T. Soegito, (2013) Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikan, Semarang: Widya Karya.

Belajar di Rumah, Kenapa Tidak?â€,Media Indonesia, 6 April 2020, hal. 9

Halijah, N. (2020). Pentingnya kolaborasi guru dan orangtua siswa dalam pembelajaran daring. In Koran Metro Riau (Issue 20).

Herdiana, D. (2020). Inovasi Proses Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Kelas Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. In Konferensi Nasional Pendidikan I (pp. 129--137). Banjarmasin. Retrieved from http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/2

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru Hambatan%2C Solusi Dan Proyeksi.pdf

Kemendikbud Bekerja Sama dengan Operator Telekomunikasi Sukseskan Pembelajaran di Rumahâ€, 26 Maret 2020, https://www.kemdikbud.go.id/main /blog/2020/03/kemendikbud-bekerja-sama-dengan-operator-telekomunikasi-sukseskan-pembelajaran-di-rumah, diakses 30 Maret 2020.

Kemendikbud. (2020). Pedoman penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik baru pada masa pandemi Covid – 19. https://dikti.kemdikbud.go.id (Diakses pada tanggal 28 November, pukul 14.00 WIB) Kemenkes. (2020). Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115. https://www.kemkes.go.id

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I.

Tani Sekar., dan Ekawati, Y. E. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF).

Downloads

Published

2021-07-21