Meningkatkan Kualitas Packing Dan Promosi UKM Diana Cake’s Desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor

Authors

Abstract

ABSTRAK

 

Ketahanan ekonomi nasional dapat diperkuat dengan memperkuat pundi-pundi ketahanan ekonomi keluarga. Ketahanan ekonomi keluarga diantaranya dapat dilihat dari sejauh mana keluarga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan dapat bertahan hidup dalam kondisi sulit sekalipun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diinisiasi untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UKM Diana Cakes’s di Desa Jabon Mekar Kec. Parung Kab. Bogor tentang upaya meningkatkan kualitas produk dan penjualan melalui packing dan promosi melalui jejaring media sosial. Metode yang dugunakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Diskusi Terfokus dan Pelatihan. Kegiatan diawali dengan melakukan analisis situasi untuk mengetahui problem riil yang dihadapi pelaku UKM, kemudian dilanjutkan dengan formulasi tindakan yang diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat (berupa diskusi terfokus dan pelatihan), dan evaluasi serta pelaporan. Setelah menggikuti kegiatan ini, Ibu Diana Selaku pemilik usaha ’’DIANA CAKE’S’’, mampu mengerti dan memahami pentingnya menggunakan Packing yang baik dan benar, kemudian penggunaan Logo dan Brand usaha tersebut. Selain itu pelaku usaha juga mampu mulai memasarkan poduk melalui sosial media.

 

Kata Kunci: Packing, Promosi, Media Sosial, Usaha Kecil Menengah, Diana Cake’s

ABSTRACT

 

National economic resilience can be strengthened by strengthening the coffers of family economic resilience. The family's economic resilience can be seen from the extent to which the family is able to meet their needs and can survive even in difficult conditions. This community service activity was initiated to provide knowledge and understanding to Diana Cakes's UKM actors in Jabon Mekar Village, Kec. Parung Kab. Bogor about efforts to improve product quality and sales through packaging and promotion through social media networks. The method used in this community service activity is Focused Discussion and Training. The activity begins with conducting a situation analysis to find out the real problems faced by SMEs, then proceeds with the formulation of actions provided by the community service team (in the form of focused discussions and training), and evaluation and reporting. After participating in this activity, Mrs. Diana as the owner of the “DIANA CAKE’S†business, was able to understand and understand the importance of using good and correct Packing, then using the Logo and Brand of the business. In addition, business actors are also able to start marketing their products through social media.

 

Keywords: Packing, Promotion, Social Media, Small and Medium Enterprises, Diana Cake's

Author Biographies

wiyanto Wiyanto, Universitas Pamulang

-

Muhammad Niko Satrio, Universitas Pamulang

-

Chahyowiguno Chahyowiguno, Universitas Pamulang

-

Tris Herdiana, Universitas Pamulang

-

Lifia Adilla, Universitas Pamulang

-

References

Bantacut, T. (2013). Pembangunan ketahanan ekonomi dan pangan perdesaan mandiri berbasis nilai tambah (Rural Economic and Food Security Development Based on Added Value Formation). Jurnal Pangan, 22(2), 181-196.

Dellia Mila Vernia. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Proceeding. Tema: Memajukan Kewirausahaan dalam Upaya Membangun Indonesia pada acara Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan LPPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 29 Juli 2017, pp 197-206

Jaidan Jauhari. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-comerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 2 (1), 159-168

Mochamad Ammar Faruq dan Indrianawati Ustman (2014). Penyusunan Strategi Bisnis Dan Strategi Operasi Usaha Kecil dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Sciccors di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 7 (3), 173-198

Nasution, A. P., & Pristiyono, P. (2019). Antisipasi Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(1), 90-97.

Nursaid, A., & Armawi, A. (2016). Peran Kelompok Batik Tulis Giriloyo Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 217-236.

Prawoto, N. (2012). Model pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan (Strategi pemberdayaan ekonomi pada masyarakat Dieng di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 8(2), 121-134.

Saputro.J.W, dkk. (2010) .Peta Rencana (ROADMAP) Riset Enterprise Resource Planning (ERP) Dengan Fokus Riset Pada Usaha Kecil Dan Menengah(UMK) Di Indonesia. Journal of Information Systems.6(2), 140-145

Supriyanto. (2006). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan.Jurnal Ekonomi Pendidikan.3 (1), 1-16.

Tommy Setiawan Ruslim dan Mukti Rahardjo. (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga dan Kualitas Pada Restoran Buba Steak di Greenville. Jurnal Ilmiah dan Manajemen. 2 (1), 51-65

Wulandari, P. K. (2017). Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 300-319

Yuli Rahmini Suci. (2017). Perkembangan UMKM (USAha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 6 (1), 51-58

Downloads

Published

2021-07-21