Peningkatan Konsep Matematis Melalui Sistem Belajar Sambil Bermain
Abstract
Belajar sambil bermain merupakan metode pembelajaran kolaborasi yang baik yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu membantu untuk menumbuhkan rasa kesadaran anak-anak dalam belajar, membantu panti asuhan otto iskandar dinata dalam mengembangkan proses pembelajaran yang baik khususnya pada mata pelajaran matematika, dan membantu panti asuhan otto iskandar dinata dalam menemukan matematika yang menyenangkan dengan metode belajar sambal bermain. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan tingkat penguasaan konsep matematika dengan pembelajaran melalui permainan, pembelajaran sambil bermain meningkatkan antusias siswa dalam menggali kemampuan dikarenakan tidak membenani serta dijalani dengan menyenangkan. Pengenalan pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan metode belajar sambil bermain, supaya tidak bosan saat mempelajari pelajaran matematika dan dengan cara bermain ular tangga di dalamnya ada soal tentang materi geometri, mereka akan berusaha dan menjawab pertanyaan yang ada agar bisa berjalan ke kotak selanjutnya, dengan soal-soal yang ada mereka akan terlatih dalam memahami materi yang ada.
Kata kunci: belajar sambil bermain; geometri; geometri
References
Aden, A., Basir, C., & Kusdaniyama, N. (2020). Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Jenjang Smp Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajar Dan Minat Siswa Pada Bimbingan Belajar Dan Privat Matriks. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(01), 1. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6629
Aden, A., Setiawan, T. H., Rusdiana, Y., & Valentika, N. (2020). PELATIHAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS MATRIKS DI YAYASAN CAHAYA ISLAM MUTIARA IMANI PAMULANG TANGERANG SELATAN. 01(01), 130–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6914
Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students ’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35(35), 1–20.
Darmadi, H. (2018). Asyiknya Belajar sambil Bermain. Guepedia.
Huda Zarista, R., & Sastro, G. (2020). the Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students During the Covid-19 Pandemic (Case Study-Mathematics Study Program, Pamulang University). 04(02), 1273–1282.
Ika, C., Budhayanti, S., Ika, C., & Budhayanti, S. (n.d.). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR MARDI WALUYA SINDANGLAYA CIANJUR oleh guru masih sering menggunakan metode ceramah . Pembelajaran dengan menggunakan sedikit kontradiksi dengan pernyataan berikutnya yang menyatakan bahwa guru-guru SD Mardi sebelumnya . Ketika diklarifikasi lebih lanjut ternyata penggunaan media yang sering digunakan. 72–81.
Isnurani, Isnurani; Ilmadi, ilmadi; Aden, Aden; Sastro, Gerry; Valentika, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 121–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.217
Latif, N. S. (2001). Matematika sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu Serta Matematika Sebagai Bahasa. 29.
Matematis, M. K. (n.d.). Abdi laksana. 2, 347–352.
Risma, M., & Faizah, S. N. (2020). BELAJAR SAMBIL BERMAIN WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Lamongan.
Widyastuti, S. (2010). Belajar Sambil Bermain : Metode Mendidik Anak Secara Komunikatif. Seminar “Mendidik Anak†Di Sekolah Teruna Bangsa Klaten, 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License