Peningkatan Konsep Matematis Melalui Sistem Belajar Sambil Bermain

Authors

  • Isnurani Isnurani Universitas Pamulang
  • Aden Aden Universitas Pamulang
  • Andi Hidayat Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang

Abstract

Belajar sambil bermain merupakan metode pembelajaran kolaborasi yang baik yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu membantu untuk menumbuhkan rasa kesadaran anak-anak dalam belajar, membantu panti asuhan otto iskandar dinata dalam mengembangkan proses pembelajaran yang baik khususnya pada mata pelajaran matematika, dan membantu panti asuhan otto iskandar dinata dalam menemukan matematika yang menyenangkan dengan metode belajar sambal bermain. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan tingkat penguasaan konsep matematika dengan pembelajaran melalui permainan, pembelajaran sambil bermain meningkatkan antusias siswa dalam menggali kemampuan dikarenakan tidak membenani serta dijalani dengan menyenangkan. Pengenalan pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan metode belajar sambil bermain, supaya tidak bosan saat mempelajari pelajaran matematika dan dengan cara bermain ular tangga di dalamnya ada soal tentang materi geometri, mereka akan berusaha dan menjawab pertanyaan yang ada agar bisa berjalan ke kotak selanjutnya, dengan soal-soal yang ada mereka akan terlatih dalam memahami materi yang ada.
Kata kunci: belajar sambil bermain; geometri; geometri

References

Aden, A., Basir, C., & Kusdaniyama, N. (2020). Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Jenjang Smp Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajar Dan Minat Siswa Pada Bimbingan Belajar Dan Privat Matriks. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(01), 1. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6629

Aden, A., Setiawan, T. H., Rusdiana, Y., & Valentika, N. (2020). PELATIHAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS MATRIKS DI YAYASAN CAHAYA ISLAM MUTIARA IMANI PAMULANG TANGERANG SELATAN. 01(01), 130–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6914

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students ’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35(35), 1–20.

Darmadi, H. (2018). Asyiknya Belajar sambil Bermain. Guepedia.

Huda Zarista, R., & Sastro, G. (2020). the Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students During the Covid-19 Pandemic (Case Study-Mathematics Study Program, Pamulang University). 04(02), 1273–1282.

Ika, C., Budhayanti, S., Ika, C., & Budhayanti, S. (n.d.). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR MARDI WALUYA SINDANGLAYA CIANJUR oleh guru masih sering menggunakan metode ceramah . Pembelajaran dengan menggunakan sedikit kontradiksi dengan pernyataan berikutnya yang menyatakan bahwa guru-guru SD Mardi sebelumnya . Ketika diklarifikasi lebih lanjut ternyata penggunaan media yang sering digunakan. 72–81.

Isnurani, Isnurani; Ilmadi, ilmadi; Aden, Aden; Sastro, Gerry; Valentika, N. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 121–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.217

Latif, N. S. (2001). Matematika sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu Serta Matematika Sebagai Bahasa. 29.

Matematis, M. K. (n.d.). Abdi laksana. 2, 347–352.

Risma, M., & Faizah, S. N. (2020). BELAJAR SAMBIL BERMAIN WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Lamongan.

Widyastuti, S. (2010). Belajar Sambil Bermain : Metode Mendidik Anak Secara Komunikatif. Seminar “Mendidik Anak†Di Sekolah Teruna Bangsa Klaten, 8.

Downloads

Published

2021-07-21