Pelatihan Pengembangan Item High Order Thinking bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Candra Abdillah Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNPAM
  • Dameis Surya Anggara Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNPAM
  • Enggar Prasetyawan Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNPAM
  • Putut Said Permana Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNPAM

Abstract

Salah satu tugas guru sebagai pendidik profesional adalah mengevaluasi siswa. Guru harus mampu menyusun instrumen evaluasi hasil belajar siswa berbentuk soal tes dengan tepat. Berdasarkan hasil survey awal di SDIT Irsyadul 'Ibad, Pandeglang, Banten, diperoleh informasi bahwa banyak guru yang belum mampu membuat instrumen penilaian berbasis high order thinking dengan baik. Setelah dilakukan analisis mendalam melalui wawancara, ternyata kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya pengetahuan guru terkait high order thinking. Atas dasar itu dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat item high order thinking. PkM ini dilaksanakan pada 19-21 April 2021 dengan metode pelatihan melalui aplikasi zoom meeting. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman dan ketrampilan guru terkait pembuatan item high order thinking. Sebelum adanya pelatihan, rata-rata pemahaman guru tentang high order thinking memperoleh nilai 65, sedangkan setelah diberi pelatihan menjadi 82. Keterampilan guru dalam membuat item high order thinking juga meningkat dibuktikan dengan produk berupa sepuluh butir item high order thinking berbasis permasalahan kontekstual dengan bentuk soal pilihan ganda, isian singkat, maupun uraian.

References

Abdillah, C., Anggara, D. S., & Permana, P. S. (2019). Perencanaan Pengajaran. Tangerang Selatan: Unpam Press

Abosalem, Y. (2016). Assessment techniques and students’ higher-order thinking skills. International Journal of Secondary Education, 4(1), 1.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school's students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267.

Anggara, D. S., Abdillah, C., Prasetyawan, E., Permana, P. S., & Anwar, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru di MTs Ta'dibul Ummah, Parung Panjang, Bogor. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40-51.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71-81.

Forehand, M. (2010). Bloom’s taxonomy. Emerging perspectives on learning, teaching, and technology, 41(4), 47-56.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935-942.

Mohamed, R., & Lebar, O. (2017). Authentic assessment in assessing higher order thinking skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(2), 466-476.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Schraw, G., & Robinson, D. H. (Eds.). (2011). Assessment of higher order thinking skills. IAP.

Sugiantari, N. L. (2020). The Utilization Of Google Classroom And Zoom Meeting As Distance Learning Media In Covid-19 Pandemic. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3n).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: disalin oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemendiknas.

Widana, I. W., Parwata, I., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32.

Downloads

Published

2021-07-21