Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Masa Pandemi
Abstract
Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi covid-19. Hal ini mengharuskan peserta didik belajar dari rumah untuk menghindari dan memutus rantai penyebaran virus. Meskipun demikian, pendidik/pengajar dan peserta didik tetap harus melaksanakan proses belajar mengajar secara maksimal, sehingga menuntut para pendidik/pengajar tersebut untuk dapat melakukan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan walaupun melalui daring (online). Media pembelajaran berbasis digital merupakan media interaktif yang bisa diterapkan oleh pendidik/pengajar untuk pembelajaran jarak jauh ini, salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran Quizizz. Quiziz merupakan aplikasi permainan pendidikan yang sifatnya naratif dan fleksibel yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi maupun sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Quiziz juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena merupakan salah satu media pembelajaran online yang berisikan game (kuis interaktif), serta Quizizz juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti mengadakan pre-test, post-test, latihan soal, penguatan materi, remedial, pengayaan dan sebagainya. Sehingga sangat tepat bagi pendidik/pengajar menggunakan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital selama masa pandemi.
Kata kunci: media pembelajaran; kuis interaktif; quizizz.
References
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran, Jakarta, PT Grafindo Persada.
----------------------------------------------------------------
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
----------------------------------------------------------------
Flew, T. 2008. New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers
----------------------------------------------------------------
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. 2019. Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1.8
----------------------------------------------------------------
Permen PAN RB Nomor 17 Tahun 2013, tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya
----------------------------------------------------------------
Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
----------------------------------------------------------------
Pinahayu, E. A. R., Auliya, R. N., Widya, L. P., & Adnyani. 2018. Implementasi Aplikasi Wingeom untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 112-121
----------------------------------------------------------------
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada
-----------------------------------------------------------------
Sari, D.P., Putra, R.W.Y., & Syazali, M. 2018. Pengaruh metode kuis interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2). 63-72
-----------------------------------------------------------------
Slamet, M. (Ed.). 1986. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. Edisi ke3. Universitas Lampung Bandar Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License