Peningkatan Produktivitas Pembelajaran Online dengan Pelatihan Pembuatan Media Vlog Interaktif Berbasis Kinemaster

Authors

  • Fika Rahmanita Universitas Pamulang
  • Sulfi Purnamasari Universitas Pamulang
  • Metha Lubis Universitas Pamulang
  • Cornelia Dumarya Manik Universitas Pamulang

Abstract

Covid-19 adalah virus yang menyerang saluran pernapasan. Covid-19 dapat berdampak pada kondisi kesehatan pernapasan. Hal ini menyebabkan pemerintah Indonesia untuk mengambil kebijakan physical distancing. Kebijakan physical distancing selanjutnya juga berdampak kepada segala bidang kehidupan. Kebijkan pemerintah yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) menjelaskan bahwa proses pembelajaran disesuaikan dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi, fasilitas yang ada, peserta didik, dan materi yang diajarkan. Sebaiknya digunakan media pembelajaran yang dapat digunakan secara online melalui jarak jauh. Salah satu media yang dapat digunakan guru untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran adalah menggunakan video pembelajaran. Video pembelajaran berupa vlog interaktif berbasis Kinemaster adalah media pembelajaran berupa gambar bergerak dilengkapi dengan audio. Vlog adalah video blog yang dibuat sesuai dengan kreativitas seseorang untuk mengekspresikan diri, dalam hal ini dalam menyampaikan materi pembelajaran oleh guru sesuai dengan kriteria peserta didik dan materi pembelajaran yang hendak disampaikan. Berdasarkan latar belakang di atas, pengabdian kepada masyarakat direncanakan dilakukan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berupa vlog interaktif berbasis Kinemaster.

References

Ali, Wahab. (2012). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies 10(3):16

Arsyad, Azhar, (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bhakti dan Dutta. (2016). Impact of Information Technology on Teaching-Learning Process. Scholar Publications, Karimganj, Assam, India, 788711 (Volume-II, Issue-XI, December 2016, Page No. 131-138).

Carson, E. H. (2012). Self-Directed Learning and Academic Achievement In Secondary Online Students. Tennessee: The University of Tennessee.

Christian, (2015). Real Vlogs: The Rules and Meanings of Online Personal Video. First Monday Journals: 1-14.

Eleven, Erika., et.al. (2012). Modern Education Technology And Independent Learning. Metalurgia international 17(5):108-112.

Ghozali, Imam., Fuad. (2008). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio , 48-52.

Jokic, et.al. (2012). Development of Distance Learning, Independent Learning and Modern Education Technology. Technics Technologies Education Management 7(1):111

Jokic, et.al. (2012). Training and Development of Employees Through E-Learning. Metalurgia international 17(4):157-161

Karuovic, et.al. (2011). Educational Software Adapted to Children With Hearing Impairment. Technics Technologies Education Management 6(4): 1276.

Munir, (2017). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Newman, Lawrence. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7. Jakarta: Permata Puri Media.

Pardanjac, Eleven, Karuovic. (2017). Increase of User Motivation in Teaching Realized Through Distance Learning. DAAAM International: Vienna.

Pardanjac, Karuovic, Eleven. (2018). The Interactive Whiteboard and Educational Software as an Addition to the Teaching Process. Tehnicki Vjesnik 25(1): 255-262

Raheem dan Khan. (2020). The Role of E-Learning in Covid-19 Crisis. International Journal of Creative Research Thought (IJCRT)

Rahman, Shaila dan Bahar, Tamanna. (2020). COVID-19: The New Threat. International Journal of Infection.

Rahmanita, Fika., (2020). Analisis Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi pada Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Eduka: 69-77.

Senkbeil, M. (2018). Development And Validation of The ICT Motivation Scale for Young Adolescents. Results Of The International School Assessment Study ICILS 2013 In Germany. Learning and Individual Differences , 167-176.

Downloads

Published

2022-01-16