MOTIVATION OF VOCATIONAL STUDENTS TO CONTINUE COLLEGE TO HIGHER EDUCATION AT SMK FAJAR TUGU LELE BABAKAN CISEENG BOGOR

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Pamulang
  • Jumino Jumino Universitas Pamulang
  • Edi Mulyanto Universitas Pamulang
  • Ade Holisoh Universitas Pamulang
  • Tutug Srijatmiko Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

\Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi, diantaranya: Motivasi Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan (afektif) dan reaksi untuk mencapai tujuan Sebelum timbul minat terdapat motif dan motivasi. Motif adalah penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitasaktivitas tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. , motivasi diartikan juga sebagai karakteristik psikologi manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen seseorang. Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Motivasi mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ), ini adalah dengan mengajak para pesrta untuk mengikuti Penyuluhan dengan tema “Penyuluhan Minat para siswa untuk melajutkan kuliah ke perguruan tinggi di SMK Fajar tugu lele ciseeng bogor.

 

Author Biography

Sri Rahayu, Universitas Pamulang

MOTIVATION OF VOCATIONAL STUDENTS TO CONTINUE COLLEGE TO HIGHER EDUCATION AT SMK FAJAR TUGU LELE BABAKAN CISEENG BOGOR

References

Ninuk Indriyanti. dkk. (2013). FaktorFaktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Peserta didik Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013.

Jurnal pendidikan Ekonomi-BKK Akuntansi. FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Meilianawati. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi pada Remaja di Kecamatan Keluang Musi Banyuasin.

Jurnal Fakultas Psikologi. Universitas Bina Darma. Palembang.

Slameto. (2010). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, M. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Dalam Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Hal 1-8 Banjarmasin : FKIP Universitas Islam Kalimantan.

Andanawari, A. G. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Menggunakan Regresi Logistik (Studi Kasus : Minat Siswa SMU/sederajat di Kabupaten Garut terhadap Perguruan Tinggi. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Deci, Edward L. dkk. (2011). Motivation and Education: The Self-Determination Perspective. Dalam Journal of Educational Psychologist. London: Department of Psychology, University of Rochester.

Downloads

Published

2022-01-16