Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah dengan Metode Isi Piringku
Abstract
Malnutrisi pada anak mengalami peningkatan. Fenomena saat ini adalah balita dan anak-anak tidak hanya dihadapkan dengan masalah gizi kurang namun juga gizi berlebih. Adanya perubahan acuan gizi dari sebelumnya empat sehat lima sempurna menjadi pedoman gizi seimbang belum sepenuhnya dipahami dan diketahui oleh semua lapisan masyarakat, salah satunya adalah di lingkungan sekolah. Oleh karenanya pengabdian kepada masyarkat ini menyasar sekolah dasar yang beada di wilayah puskesmas pakualaman untuk diberikan pemahaman. Metode yang digunakan dalam edukasi ini adalah dengan memberikan penjelasan melalui power point dan diperjelas dengan audio viusal (video). Selanjutnya evaluasi yang digunakan adalah menggunakan puzzle. Mengingat audiens adalah anak usia sekolah di kelas V maka evaluasi dengan permainan dirasa sesuai untuk mengukur pemahaman siswa. Hasil edukasi menunjukkan 57.14% siswa memiliki pemahaman yang baik, 28.57% cukup, dan 14.28% kurang. Meskipun siswa memiliki ringkat pemahaman yang baik, namun, pemahaman yang didapatkan oleh siswa ini belum dapat diukur dalam perilaku sehari-hari.
Kata kunci: Anak usia sekolah, Gizi seimbang, Isi piringku, PengetahuanReferences
Arraniri, M., Desmawati, D., & Aprilia, D. (2017). Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Asupan Kalori dengan Persentase Lemak Tubuh pada Mahasiswa Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2013-2015. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 265. https://doi.org/10.25077/jka.v6i2.689
Ayu, K., & Elly, E. (2014). Pengaruh Pendekatan Child Healthcare Model dan Transtheoretical Model terhadap Asupan Makan Anak Overweight dan Obesitas The Effect of Child Healthcare Model and Transtheoretical Model Approaches to Food Intake of Overweight and Obese Children. , Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 9(1), 14–18. Retrieved from http://jurnalkesmas.ui.ac.id
Goenawan, H., Veronica, F., Sylviana, N., & Nurhayati, T. (2019). Peningkatan pengetahuan mengenai gizi seimbang pada siswa SD di Jatinangor.
Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58–64. https://doi.org/10.14710/jgi.6.1.58-64
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tentang Pedoman Gizi Seimbang, 1–96.
Kurdanti, W., Suryani, I., Syamsiatun, N. H., Siwi, L. P., Adityanti, M. M., Mustikaningsih, D., & Sholihah, K. I. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian obesitas pada remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 11(4), 179. https://doi.org/10.22146/ijcn.22900
Pratama, P. A., Zulkarnain, E., & Ririanty, M. (2018). Efektivitas Media Promosi “ Piring Makanku †Pedoman Gizi Seimbang Sebagai Panduan Sekali Makan. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 6(1), 53–59.
Rahmanindar, N., & Harnawati, R. A. (2020). Pengaruh Penyuluhan Program Isi Piringku Terhadap Peningkatan Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Manangani Balita Gizi Buruk. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 259–270. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.235
Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS), 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Siahaya, A., Haryanto, R., & Sutini, T. (2021). Edukasi “Isi Piringku†terhadap pengetahuan dan perilaku pada ibu balita stunting di Maluku. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(5), 199–202.
Yurni, A. F., & Sinaga, T. (2017). Praktik Membawa Bekal Menu Seimbang Anak Sekolah. Media Gizi Indonesia, 11(2), 183–190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License