Pengenalan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Menciptakan Produktivitas Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Masyarakat

Authors

  • Fauziah Al Zaytun Pamulang University
  • Sahdina Malau Pamulang University
  • Lena Arlin Telaumbanua Pamulang University
  • Kevin Bima Pamulang University

Abstract

E-commerce merupakan proses pembelian dan penjualan jasa dan barang – barang secara elektronik dengan transaksi bisnis yang terkomputerisasi menggunakan internet, jaringan, dan teknologi digital lain. Adanya kemajuan teknologi ini berupa e-commerce membuat masyarakat tertarik akan kegiatan transaksi jual-beli barang tanpa menggunakan banyak waktu dan tenaga, serta kemudahan dalam mempreoleh barang dan harga yang cukup bersaing dan kualitas yang bagus. Dan akibat adanya dampak dari pandemi covid-19, membuat perekonomian yang ada di Bojongsari menurun. Kegiatan ini juga memberikan dorongan agar para pelaku usaha dapat memiliki kemajuan dalam usahanya. Program pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 dengan sasaran yaitu ibu – ibu PKK Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok dengan kurang lebih 15 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyuluhan sosialisasi tentang e-commerce. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini agar mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Untuk kegiatan pengabdian ini diharapkan bagi masyarakat dan ibu – ibu PKK dapat mengaplikasikan e-commerce langsung dalam kegiatan usahanya dan menciptakan produktivitas baru.

Kata Kunci: E-commerce; Pengabdian; PKK  

References

Firmansyah, A. (2018). Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 127–136.

Haris, A., Ningrum, R. F., Siswipraptini, P. C., Djunaidi, K., Abdurrasyid, A., & Siregar, R. R. (2018). Pelatihan Internet dan Pengenalan E-Commerce Bagi Masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Bogor. TERANG, 1(1), 11–20.

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. MediaKita.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085(1375), 161–171.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2005). Essentials of Business Informations Systems. Pearson education.

Luthfihadi, M., & Dhewanto, W. (2013). Technology Acceptance of E-commerce in Indonesia. International Journal of Engineering Innovation and Management, 3(1), 9–18.

Pemkot Depok. (2018). Pemerintah Kota Depok Kecamatan Bojongsari. https://bojongsari.depok.go.id/profil/geografis

Prasetio, A., Ashoer, M., Hutahaean, J., Simarmata, J., Samosir, R. S., Nugraha, H., Jamaludin, J., Harmayani, H., Putra, S. H., & Irdawati, I. (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, B. (2018). Edukasi literasi keuangan pasar modal pengurus PKK Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1).

Suryana, T. (2021). Pengenalan E-commerce.

Wahyuni, N., & Gunawan, A. (2018). PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH CILEGON. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).

Zenabia, T., Finatariani, E., Setianingsih, S., Anisa, A., & Abdurachman, T. A. (2021). Pengelolaan Keuangan Keluarga Dan Pengenalan Dasar-Dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri Bagi Ibu-Ibu Majlis Taklim Al Auladiyah Di Kelurahan Bakti Jaya Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdimisi, 2(1), 39–44.

Downloads

Published

2022-01-16