Pendampingan Penulisan Artikel di Media Online

Authors

  • Eris Risnawati Universitas Pamulang
  • Dede Fatinova Universitas Pamulang
  • Ratna Juwitasari Emha Universitas Pamulang
  • Siti Maemunah Universitas Pamulang
  • Natalia Endah Universitas Pamulang

Abstract

Mitra dalam program ini adalah Nasyiatul Aisyiyah Jawa Barat. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra adalah belum optimalnya keterampilan dalam menulis artikel di media online. Sementara itu keterampilan menulis artikel perlu untuk mereka miliki sebagai penyokong keberhasilan program literasi sosial media. Bidang program unggulan literasi sosial media, seperti yang dikutip dalam laman nasyiah.or.id., merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi pengetahuan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada terhadap informasi yang masuk melalui media elektronik, seperti televisi, radio, aplikasi di ponsel Android (seperti broadcast pada aplikasi Whatsapp, Telegram, dsb) dan tidak menelan mentah-mentah informasi yang ada, sehingga terhindar dari segala macam persengketaan, ujaran kebencian, pertengkaran, dan segala perilaku menyinggung pihak lain dalam hal suku, budaya, maupun agama. Tujuan dari diadakannya pendampingan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat yang melek literasi, baik itu literasi dalam membaca ataupun menulis. Dengan dihadirkannya pakar langsung dari pegiat media online, diharapkan seluruh peserta mampu membuat sebuah tulisan yang berkualitas tanpa terjebak oleh informasi yang tidak akurat. Hasil yang didapatkan dari pendampingan ini terhimpunnya tulisan-tulisan peserta yang sudah siap untuk diterbitkan di berbagai media online sesuai dengan isu yang diangkat oleh penulisnya.

References

Anshori, D. S. (2012). MENULIS UNTUK MEDIA MASSA: Sebuah Pengantar. Diakses 25 Oktober 2021 (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/197204031999031- DADANG/maka_menulis_media_massa.pdf)

Ganggi, R. I. P. (2018). Materi Pokok dalam Literasi Media Sosial sebagai Salah Satu Upaya Mewujudkan Masyarakat Yang Kritis dalam Bermedia Sosial. ANUVA, 2 (4), pp. 337-345.

Harnita, P. C., (2017). Masihkan Perlu Khalayak Belajar Literasi Media? Jurnal Cakrawala, pp. 117-135.

Hairston, M. (1986). Contemporary Composition. Boston: Houghton Mifflin Company. Munirah, dkk. Retorika penulis artikel di media online kompasiana. Jurnal Ilmiah Korpus, 3 (3), pp. 313-326. Nashiyatul ‘Aisyiyah website: Diakses 25 Oktober 2021 (http://nasyiah.or.id/#program)

Rahmawan, D., dkk. (2019). Pengembangan Konten Positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7 (1), pp. 31-43.

Downloads

Published

2022-01-16