Penerapan AREL dalam British Parliamentary Debate untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Public Speaking

Authors

  • Tutut Sumartini Universitas Pamulang
  • Sukma Septian Nasution Universitas Pamulang
  • Tito Dimas Atmawijaya Universitas Pamulang
  • Purwanti Taman Universitas Pamulang

Abstract

Pentingnya Berpikir Kritis dan berbicara bahasa Inggris saat ini semakin jelas dan termasuk pula dalam bidang pendidikan. Banyak lembaga pendidikan mengembangkan berbagai program khususnya program bahasa Inggris seperti yang selalu dilakukan oleh Jampang English Village Kemang Bogor. Tim dari Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Pamulang berinisiatif mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk melatih para siswa menggunakan debat parlementer guna meningkatkan motivasi berbicara mereka dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mempresentasikan materi tentang debat parlementer kepada mahasiswa ; (2) mengelompokkan siswa Jampang English Village, (3) beberapa kelompok bertindak sebagai kelompok afirmatif dan yang lainnya sebagai oposisi; (4) memotivasi dan berbagi tips agar mahir berbahasa Inggris. Langkah-langkah di atas dimaksudkan untuk menguatkan siswa agar lebih bertekad dalam berbicara bahasa Inggris.

Kata kunci: terdiri dari 3 – 5 kata/prase pendek, urut abjad, huruf kecil, dipisahkan dengan titik koma

Author Biography

Sukma Septian Nasution, Universitas Pamulang

English Literature

References

Aprianto, H. (2019). Motion Graphic "AKHLAK" Sebagai Media Edukasi Penyimpangan Perilaku Sosial pada Remaja. Jurnal Bahasa Rupa, 3(1), 60-67.

Barnes, R. E. (2013). Burning Their Bridges: The Ethics of Disparaging Consistent Arguments in “British Parliamentaryâ€-Style Debate. In 4TH International Conference on Argumentation, Rhetoric, Debate, and the Pedagogy of Empowerment (p. 117).

British Parliamentary Debate Format, https://cce.bard.edu/files/British-Parliamentary- Debate-Format.pdf, accessed on 27 October 2021, at 22.29pm.

Eckstein, J., & Bartanen, M. (2015). British parliamentary debate and the twenty-first- century student. Communication Studies, 66(4), 458-473.

Hadi, M. S., Izzah, L., & Maharani, A. (2021). A Learning Analysis of EFL Students’ Debate Activity by Using British Parliamentary for Enhancing Speaking Ability and Critical Thinking. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 4(1).

Harvey-Smith, N. (2011). The Practical Guide to Debating, Worlds Style/British Parliamentary Style. IDEA.

Kurniawati, N. (2018). AREL to Enhance Students’ Speaking Skill in Debating. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 6(2).

Nanlohy, F. M. (2020). Case Study: The Use of British Parliamentary Debate System and Critical Thinking. Matai International Journal of Language Education, 1(1), 37-49.

Nasution, S. S. (2019). British Parliamentary Debate: Its Effectiveness to Teach Speaking Viewed from Students’ Motivation. In Proceeding of the 9 th National Seminar on Linguistics, Literature, and Language Teaching (pp. 321-330).

Nasution, S. S., Irawan, B., Aziz, A., Ahmad, A., & Suwardi, S. (2020). Pelatihan Debat Parlementer Untuk Meningkatkan Motivasi Santri Dalam Berbicara Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 92-104.

Nurhidayat , E. (ND). USING BRITISH PARLIAMENTARY DEBATE STYLE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS . Jurnal Universitas Majalengka, 20-25.

Rooij, R. V. (2004). Cooperative versus argumentative communication. Philosophia Scientiæ. Travaux d'histoire et de philosophie des sciences, (8-2), 195-209.

Sailah, I. (2012). National University English Debating Championship (NUEDC).

JAKARTA: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

Sella, Y. P. (2013). Analisa Perilaku Imitasi Dikalangan Remaja Setelah Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Indosiar (Studi Kasus Perumahan Pondok Karya Lestari Sei Kapih Samarinda). EJournal Ilmu Komunikasi, 1(3), 66-80.

Tung, C. A., & Chang, S. Y. (2009). Developing critical thinking through literature reading. Feng Chia Journal of Humanities and Social Sciences, 19(1), 287-317.

Ulum, I. M. (2015). The effect of British parliamentary debate system on students’ critical thinking in state Islamic Institute of Palangka Raya academic year 2015- 2016 (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Wahyuni, S., Syahputra, M., & Irmayanti, D. (2020). The Implementation of Assertion, Reason, Evidence, and Link Back in Teaching Speaking. Getsempena English Education Journal, 7(1), 12-26.

Wahyuni, S., Qamariah, H., Gani, S. A., Yusuf, Y. Q., & Syahputra, M. (2019). Critical thinking skills: British Parliamentary Debate System to improve English as Foreign Language (EFL) students’ critical speaking. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(3), 429-433.

Downloads

Published

2022-08-03