Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Scaffolding Self-Assessment

Authors

  • Sulasih Sulasih Universitas Pamulang
  • Darmawati Darmawati Universitas Pamulang
  • Nur Najibah Sukmawati Universitas Pamulang
  • Pari Purnaningsih Universitas Pamulang
  • Resti Isnaeni Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) meningkatkan motivasi siswa SMP Muhammadiyah Serpong dalam belajar bahasa Inggris secara langsung maupun dalam jaringan; (2) metode pembelajaran Scaffolding self-assessment saat proses belajar mengajar bahasa Inggris; (3) memberikan variasi aktivitas pembelajaran agar tidak selalu berfokus kepada guru. SMP Muhammadiyah Serpong mengharapkan para siswa untuk bisa belajar secara mandiri, dikarenakan sangat terbatasnya waktu bagi guru untuk menjelaskan secara mendalam setiap mata pelajaran, apalagi selama masa pandemic, pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga hasilnya belum bisa seperti yang diharapkan. Guru mengalami kesulitan dalam memantau tingkat pemahaman pada setiap siswa dalam memahami mata pelajaran bahasa Inggris dikarenakan terbatasnya instruksi yang bisa diberikan kepada siswa melalui daring. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris karena inti dari metode scaffolding self assessment adalah mengajak siswa untuk bisa belajar lebih mandiri tidak bergantung kepada guru sehingga dapat dijadikan salah satu referensi untuk siapa saja yang akan memberikan variasi baru untuk pelatihan bahasa Inggris dalam pembeljaran bahasa Inggris.

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris; Self Assessment; Scaffolding

Author Biographies

Sulasih Sulasih, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Informatika

Darmawati Darmawati, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Informatika

Nur Najibah Sukmawati, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Informatika

Pari Purnaningsih, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Informatika

Resti Isnaeni, Universitas Pamulang

Prodi Teknik Informatika

References

Ahmadi, A., Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc.

Crystal, D. (2003). English as a Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Ginting, Abdurrahman. (2014). Esensi praktis belajar pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Isnaeni, R., Sukmawati, N. N., Purnaningsih, P., Darmawati, D., & Sulasih, S. (2021, January). COOPERATIVE LEARNING: METODE PELATIHAN SPEAKING SKILL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 02 TANGERANG SELATAN. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1121-1130).

Illes, E. (2012). Learner Autonomy Revisited. ELT Journal 66/4 505-513n

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. PembelajaranAktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.

Isaacs, Geoff. (2006). Peer and Self Assessment. [Online]. Tersedia: http://www.tedi.uq.edu.au/evaluations/index.html [3 Maret 2009]

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Pennycook, A. (2010). English and globalization. In J. S. Janet Maybin, The Routledge companion to English language studies (pp. 113-121). New York: Routledge

Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Cetakan ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media

Sani, R.A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmawati, N. N., Purnaningsih, P., Darmawati, D., Isnaeni, R., & Sulasih, S. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN TEKNIK PEER-TUTORING. Journal of Community Research and Service, 5(2), 79-94.

.Sutiarso,S.2009.Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika.dalam Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sarwiji Suwandi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.

Trianto, (2007). Model-model PembelajaraniInovatifberorientasikontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Zulharman. 2007. Self dan Peer Assessment. [Online]. (http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peer-assessmentsebagai-penilaian-formatif-dan-sumatif/, diaksestanggal 8 Januari 2013)

Downloads

Published

2022-08-03