Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Scaffolding Self-Assessment
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) meningkatkan motivasi siswa SMP Muhammadiyah Serpong dalam belajar bahasa Inggris secara langsung maupun dalam jaringan; (2) metode pembelajaran Scaffolding self-assessment saat proses belajar mengajar bahasa Inggris; (3) memberikan variasi aktivitas pembelajaran agar tidak selalu berfokus kepada guru. SMP Muhammadiyah Serpong mengharapkan para siswa untuk bisa belajar secara mandiri, dikarenakan sangat terbatasnya waktu bagi guru untuk menjelaskan secara mendalam setiap mata pelajaran, apalagi selama masa pandemic, pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga hasilnya belum bisa seperti yang diharapkan. Guru mengalami kesulitan dalam memantau tingkat pemahaman pada setiap siswa dalam memahami mata pelajaran bahasa Inggris dikarenakan terbatasnya instruksi yang bisa diberikan kepada siswa melalui daring. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris karena inti dari metode scaffolding self assessment adalah mengajak siswa untuk bisa belajar lebih mandiri tidak bergantung kepada guru sehingga dapat dijadikan salah satu referensi untuk siapa saja yang akan memberikan variasi baru untuk pelatihan bahasa Inggris dalam pembeljaran bahasa Inggris.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris; Self Assessment; Scaffolding
References
Ahmadi, A., Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc.
Crystal, D. (2003). English as a Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Ginting, Abdurrahman. (2014). Esensi praktis belajar pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Isnaeni, R., Sukmawati, N. N., Purnaningsih, P., Darmawati, D., & Sulasih, S. (2021, January). COOPERATIVE LEARNING: METODE PELATIHAN SPEAKING SKILL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 02 TANGERANG SELATAN. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1121-1130).
Illes, E. (2012). Learner Autonomy Revisited. ELT Journal 66/4 505-513n
Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. PembelajaranAktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
Isaacs, Geoff. (2006). Peer and Self Assessment. [Online]. Tersedia: http://www.tedi.uq.edu.au/evaluations/index.html [3 Maret 2009]
Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Pennycook, A. (2010). English and globalization. In J. S. Janet Maybin, The Routledge companion to English language studies (pp. 113-121). New York: Routledge
Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Cetakan ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media
Sani, R.A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmawati, N. N., Purnaningsih, P., Darmawati, D., Isnaeni, R., & Sulasih, S. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN TEKNIK PEER-TUTORING. Journal of Community Research and Service, 5(2), 79-94.
.Sutiarso,S.2009.Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika.dalam Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sarwiji Suwandi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.
Trianto, (2007). Model-model PembelajaraniInovatifberorientasikontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Zulharman. 2007. Self dan Peer Assessment. [Online]. (http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peer-assessmentsebagai-penilaian-formatif-dan-sumatif/, diaksestanggal 8 Januari 2013)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License