Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Sasmita Jaya

Authors

  • Heri Indra Gunawan Universitas Pamulang
  • Kusworo Kusworo Universitas Pamulang
  • Nasmal Hamda Universitas Pamulang
  • Purwati Yuni Rahayu Universitas Pamulang
  • Enok Nurhasanah Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik melalui pengembangan perangkat pembelajaran. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran diperlukan kemampuan analisis teoritik dan praktik, teknik komputer yang baik, kreativitas serta referensi yang banyak. Selain itu, sarana prasarana yang memadai seperti jaringan internet dan komputer serta akses sumber-sumber referensi gratis yang juga perlu diperhatikan. Namun para guru masih sangat jarang dan sangat minim kompetensi dalam pengembangan pedagogik berupa perangkat pembelajaran. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan guru-guru di SMK Sasmita Jaya tentang konsep peningkatan kompetensi pedagogik dengan pengembangan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan.

Kata kunci: Pelatihan, Kompetensi Pedagogik, Perangkat Pembelajaran.

References

Basri, Rivai, & Veithzal. (2015). Performence Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Kusworo, K., Rusmaini, R., Sholeh, B., & Jaya, F. (2019). Pembaharuan Pembelajaran Pendidikan Ekonomi.

Kusworo, K, Rahayu, Purwati Yuni, Gunawan, H. I. (2020). Publikasi Karya Ilmiah Sebagai Wujud Pengembangan Keprofesian Berlanjutan.

Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(Mei), 211–217

Murhaini, S. (2016). Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).

Setiawan, L. D. (2020). Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa).

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah.

https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep Strategi dan Implementasinya. Cimanggis: Prenada Media Group.

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-08-03