Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Sasmita Jaya
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik melalui pengembangan perangkat pembelajaran. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran diperlukan kemampuan analisis teoritik dan praktik, teknik komputer yang baik, kreativitas serta referensi yang banyak. Selain itu, sarana prasarana yang memadai seperti jaringan internet dan komputer serta akses sumber-sumber referensi gratis yang juga perlu diperhatikan. Namun para guru masih sangat jarang dan sangat minim kompetensi dalam pengembangan pedagogik berupa perangkat pembelajaran. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan guru-guru di SMK Sasmita Jaya tentang konsep peningkatan kompetensi pedagogik dengan pengembangan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan.
Kata kunci: Pelatihan, Kompetensi Pedagogik, Perangkat Pembelajaran.
References
Basri, Rivai, & Veithzal. (2015). Performence Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Kusworo, K., Rusmaini, R., Sholeh, B., & Jaya, F. (2019). Pembaharuan Pembelajaran Pendidikan Ekonomi.
Kusworo, K, Rahayu, Purwati Yuni, Gunawan, H. I. (2020). Publikasi Karya Ilmiah Sebagai Wujud Pengembangan Keprofesian Berlanjutan.
Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(Mei), 211–217
Murhaini, S. (2016). Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).
Setiawan, L. D. (2020). Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa).
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah.
https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep Strategi dan Implementasinya. Cimanggis: Prenada Media Group.
Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License