Membudayakan Gerakan Literasi Sekolah dengan Pelatihan Keterampilan Menulis Resensi Karya Sastra

Authors

  • Ratna Juwitasari Emha Universitas Pamulang
  • Dewi Yanti Universitas Pamulang
  • Ulfah Julianti Universitas Pamulang

Abstract

SMA plus Khadijah Islamic school merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran aktif untuk sistem pendidikan para siswi. Kegiatan menulis resensi memiliki kesinambungan dengan kegiatan pemerintah yang diperuntukan bagi pelajar yang disebut gerakan literasi sekolah (GLS), di mana siswi diarahkan untuk membaca buku nonteks pelajaran dan menuliskannya kembali dalam format jurnal literasi. GLS diharapkan mempu membekali para siswi dengan kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.  Sehingga, tujuan umum yang hendak dicapai dari kegiatan PKM ini: (1) Memperkenalkan keterampilan menulis resensi karya sastra pada siswi; (2) Melatih para siswi, untuk menulis resensi karya sastra dari tahap awal hingga tahap akhir; (3) Memotivasi para siswi, untuk senantiasa menuangkan hasil bacaan karya sastra dalam bentuk tulisan resensi; (4) Mendorong mitra untuk mulai menjadwalkan para siswi dalam kegiatan menulis resensi karya sastra rutin sebagai langkah awal upaya membudayakan kegiatan literasi.

Kata kunci: Pelatihan, menulis, resensi, karya sastra, GLS

References

Baharudin, Hasan. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswi Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01, No. 01, pp. 34-46.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kridalaksana, Harimurti. (2009). Kamus Lingustik, edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurudin. (2003). Kiat Sukses Meresensi Buku Di Media Massa. Malang: Cespur.

Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Tahun 2020. (2020). Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Klasifikasi Arsip Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permatasari, Annisa, Agus, B. W. (2016). Variasi Struktur Resensi Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. Surakarta: Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Potter, W. James. (1998). Media Literacy. California: Sage Publication.

Romli, A. S. M. (2010). Jurnalistik terapan. Bandung: Baticpress.

Suherli, dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X (Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Septiani, Dwi, dkk. (2021). Pelatihan Penulisan Resensi Karya Sastra Di Smk Giri Taruna 2 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat HUMANISM, Vol. 02, No. 02, pp. 97- 105.

Suwartini, Iis. (2016). Penerapan Active Learning sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Genre). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

Published

2022-08-03