Sosialisasi Bangunan Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme dengan Permainan Engklek Modifikasi di SDN 11 Kampung Jua Padang

Authors

  • Deby Deby Erdriani Universitas Putra Indonesia "YPTK" Indonesia
  • Dewi Devita
  • Laila Marhayati

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi. PKM ini diusulkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi di SDN 11 Kampung Jua Padang. Pengabdian masyarakat ini dibuat dengan tujuan untuk menunjukkan luas daerah dari suatu bangun datar secara nyata khususnya persegi, persegi panjang, dan segitiga. Selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa SD generasi modern. Seiring perkembangan zaman, siswa SD saat ini sudah terkontaminasi dengan gadget sehingga banyak dari anak-anak pada saat ini kurang mengetahui permainan tradisional. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil yaitu dengan menggunakan permainan tradisional ini dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada artikel ini pembahasan lebih dikhususkan pada hubungan permainan tradisional engklek dengan materi luas bidang datar dan keliling bidang datar untuk kelas IV SD.

Kata kunci: Build flat, wide, circular and engklek

Author Biography

Deby Deby Erdriani, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Indonesia

Rumpun Ilmu                          : Pendidikan Matematika

Ketua Pelaksana

  1. Nama Lengkap            : Deby Erdriani, S.Si, M.Pd
  2. NIDN                          : 1002068501
  3. Jabatan Fungsional      : Lektor    
  4. Program Studi             : Sistem Informasi
  5. Nomor HP / Email      : 081266954542 / de2bye@upiyptk.ac.id

 

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap            : Dewi Devita, S.Pd., M.Pd
  2. NIDN                          : 1005019001
  3. Jabatan Fungsional      : Lektor
  4. Program Studi             : Pendidikan Teknik Informatika
  5. Nomor HP / Email      : 085355535590 / dewidevita01@gmail.com

 

Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap           : Laila Marhayati, S.Pd., M.Pd
  2. NIDN                         : 1031038803
  3. Jabatan Fungsional     : Asisten Ahli
  4. Program Studi            : Pendidikan Teknik Informatika
  5. Nomor HP / Email     : 085376288155/ lailamarhayati.aysha@gmail..com

 

References

R. Y. Arindiono, “Perancang media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD.,†J. sains dan seni pomits, 2013.

Budiyono, “Pengembangan permaiana Engklek sewan untuk pembelajaran pemahaman konsep materi bangun datar siswa kelas 2 sekolah dasar,†JPGSD, vol. 8, pp. 3032–3043, 2021.

A. dan R. R. . Rafi, “Belajar mengenal bangun datar dengan menggunakan permainan tradisional Engklek/Enkrang,†Nizhamiyah (jurnal Pendidik. Islam dan Teknol. pendidikan), vol. 1, 2018.

Rusnilawati, “Metode Permainan tradisional engklek pada pembelajaran bangunan datar menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa,†2018.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pem.Google Books. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran_Dilengkapi_deng/adwwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+konstruktivisme&pg=PA241&printsec=frontcover

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar - Google Books. Penerbit Lakeisha.https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/orQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+materi+pembelajaran&printsec=frontcover

Downloads

Published

2022-08-03