Kiat Sukses Merambah Bisnis Salon Digital bagi Warga Belajar LKP Dina Depok

Authors

  • Sulfi Purnamasari Pamulang University
  • Ubaid Al Faruq
  • Fiqoh Afriliani
  • Fika Rahmanita
  • Soffi Soffiatun

Abstract

Masa transisi saat ini menjadi momen yang tepat bagi seorang pebisnis melihat berbagai peluang yang ada. Bisnis salon digital merupakan salah satu peluang bisnis yang terbuka bagi mereka yang memiliki skill dalam perawatan kecantikan dan ingin memulai bisnis salon. Disamping tidak memerlukan tempat atau lokasi yang strategis, bisnis salon digital saat ini mulai diminati oleh konsumen pemakai jasa layanan kecantikan. Penghematan dan efisiensi menjadi alasan mengapa jasa layanan kecantikan online mulai berkembang. Beberapa keuntungan diantaranya  konsumen tidak perlu ke luar rumah,  lebih menghemat biaya, dan layanan cepat tidak perlu antri. LKP Dina Depok adalah salah satu lembaga di kota Depok yang memiliki layanan jasa kecantikan offline. Selain usaha perawatan kecantikan juga turut andil secara aktif di bidang pendidikan kewirausahaan bagi masyarakat melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) DINA. Salah satu program unggulan pada LKP DINA ini yaitu Pendidikan Kecakapan Kewirausahaan (PKW) yang diperuntukan bagi remaja dan para wanita dengan rentang usia 17 sd 45 tahun dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang merupakan warga kota Depok. Pada kegiatan pelatihan PKW ini, salah satu materi yang akan disampaikan sebagai bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah “Kiat Sukses Merambah Bisnis Salon Digital bagi Warga Belajar LKP Dina Depokâ€. Materi ini disampaikan agar menjadi motivasi bagi seluruh warga belajar untuk mempersiapkan diri dalam memulai bisnis digital. Setelah mengikuti PKW, para warga belajar akan memiliki skill dan kecakapan yang dibutuhkan dalam bisnis salon. Selanjutnya adalah bagaimana mempersiapkan strategi yang tepat dalam memulai bisnis agar bisnis yang dijalani nantinya dapat sukses di kemudian hari.

Kata Kunci: kiat sukses; bisnis; salon digital.

 

References

Heriansyah, R. H., Chumaidiyah, E., & Fauzi, R. (2019). Analisis Perancangan Sistem Bisnis Salon Secara Online Dan Offline Berbasis Web Di Salon Alvion. eProceedings of Engineering, 6(2).

https://www.akun.biz/tips-bisnis/kiat-sukses-dalam-bisnis-itu-apa-saja/

Nathania, S., & Salamin, P. P. (2017). Merancang Pendirian Bisnis Baru Dalam Rangka Meningkatkan Profitabilitas Dan Kelayakan Keuangan Studi Kasus Pada Bisnis Salon Kecantikan “Amaranth Beauty Salonâ€. Jurnal Manajemen, 14(1), 33-52.

Rizaldi, A., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Penerapan Antrian dan Pemesanan Online di Aplikasi Pearl Salon And BarberShop Berbasis Mobile. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 1-9.

Saragih, M. G. (2020). Perkembangan Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19. Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19: Suatu Pengantar, 1, 85.

Sari, Y., Armin, R., & Hidayat, M. S. (2019). ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH MELAKUKAN PERAWATAN KECANTIKAN DI SEHAT SKINCARE MOJOKERTO (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit).

Setianni, A., & Syahputri, R. (2019, August). PESONA: SISTEM INFORMASI PEMESANAN SALON ONLINE BERBASIS LOCATION BASED SERVICE. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Vol. 2, pp. 1-7).

Ulung, G., & Soekresno, S. (2013). Sukses Berbisnis Salon Muslimah. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-01-28