Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Tutorial berbantuan Video bagi Instruktur di LKP Dina

Authors

  • Lodya Sesriyani Universitas Pamulang
  • Enggar Prasetyawan
  • Putut Said Permana
  • Rusmaini Rusmaini
  • Saiful Anwar
  • Siti Zubaidah

Abstract

PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada intruktur yang ada di LKP Dina Depok. LKP Dina merupakan salah satu contoh dari pendidikan non- formal yang sudah resmi dan sudah bekerjasama dengan beberapa mitra nasional. LKP Dina menawarkan berbagai program kursus yang dapat dipilih oleh calon siswanya. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dina yang terletak di Jalan Nusantara, Pancoran Mas Depok ini tergolong lembaga yang telah berpengalaman di bidangnya. Sejak tahun 1977, lembaga ini sudah berdiri, yang pada mulanya hanya kursus tata rambut atau salon, di bilangan Roxy, Jakarta Pusat. Pada tahun 1979, Hj. Herawati pemilik LKP Dina, pindah ke Kota Depok, dan berdirilah LKP Dina, serta lebih serius menangani pendidikan non formal, yakni kursus tata rambut, tata rias pengantin, tata kecantikan kulit, tata boga, hantaran dan merangkai bunga. Lembaga ini merupakan mitra dari Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, dalam hal memberikan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat Depok, agar punya keterampilan. Banyak nya program kursus yang disediakan oleh LKP ini, maka mereka juga membutuhkan intruktur yang kompeten dibidangnya. Hal ini yang melatarbelangi kegiatan PkM ini, PkM akan dilakukan oleh 3 orang dosen dan melibatkan 5 orang mahasiswa. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 13-15 Oktober 2022. Kegiatan ini akan dimulai dengan melakukan observasi mengenai kebutuhan instruktur dalam memberikan materi kursus. Setelah melakukan observasi ditemukan bahwa sebagian besar intruktur menggunakan kegiatan yang sederhana dalam memberikan materi kursus. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pelatihan bagaimana menerapkan media pembelajaran berbasis Tutorial pada program kursus LKP Dina.

Kata Kunci: Pendidikan non formal, LKP Dina, media pembelajaran berbasis Tutorial

 

References

Ali Anwar, Noer Hidayah, M. A. H. (2017). Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Edudeena, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.445

Darlis, A. (2017). Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 91–93.

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. http://tip.ppj.unp.ac.id

Muttaqin, A. I., & Faishol, R. (2018). Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’an-Nur Desa Cluring Banyuwangi. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 80–90. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/235

Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 59–64. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.355

Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85–98. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/88/61

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Downloads

Published

2023-01-28