Peningkatan Literasi Digital Penilaian melalui Pemanfaatan Aplikasi Online Assessment

Authors

  • Candra Abdillah Universitas Pamulang
  • Dameis Surya Anggara Universitas Pamulang
  • Muhammad Hilman Zainuri Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, proses pelaksanaan, dan dampak yang diperoleh setelah kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbentuk workshop pemanfaatan aplikasi online assessment untuk meningkatkan literasi digital penilaian bagi guru di SMP IT Bina Adzkia, Kota Depok. Sasaran kegiatan PKM adalah 13 guru di SMP IT Bina Adzkia, Kota Depok dengan waktu pelaksanaan pada tanggal  2 – 4 Maret 2023. Metode kegiatan ini melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi dan tindak lanjut kegiatan. Hasil dari kegiatan ini antara lain: (1) perencanaan kegiatan meliputi koordinasi dengan tim PkM, menyusun skenario kegiatan dan materi workshop, pembuatan soal pretest dan posttest serta berkoordinasi dengan pihak SMP IT Bina Adzkia, Kota Depok. (2) Pelaksanaan kegiatan berlangsung 3 hari dengan rincian yaitu hari pertama berupa pembukaan, pretest, penyampaian materi sosialisasi pemanfaatan aplikasi online assessment, hari kedua berupa pelatihan penyusunan perangkat penilaian pembelajaran dan pemanfaatan aplikasi online assessment, dan hari ketiga berupa refleksi dan tindak lanjut kegiatan, posttest, dan penutupan. (3) Dampak yang diperoleh guru adalah adanya peningkatan rata-rata literasi digital penilaian dari nilai 60 menjadi 80 dan adanya perubahan keterampilan yang lebih baik dalam penyusunan perangkat penilaian pembelajaran berbasis HOTS.

References

Abdillah, C., & Soffiatun, S. (2021). BELAJAR PEMBELAJARAN.

Abdillah, C., Anggara, D. S., & Permana, P. S. (2019). Perencanaan Pengajaran. Tangerang Selatan: Unpam Press

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60-76.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Ascd.

Deluca, C., Lapointe-Mcewan, D., & Luhanga, U. (2016). Teacher assessment literacy: A review of international standards and measures. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 28(3), 251-272.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as game based learning in the Arabic classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194-198.

Permendikbud No.23 Tahun 2020 tentang standar penilaian pendidikan.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Shams, J. A., & Iqbal, M. Z. (2019). Development of Classroom Assessment Literacy Training Program for University Teachers in Punjab. Bulletin of Education and Research, 41(2), 41-52.

Wijayanti, A., Subekti, E. E., Agustini, F., & Cahyadi, F. (2021). PELATIHAN ONLINE ASSESSMENT MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU SD. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 2, pp. 24-33).

Woit, D., & Mason, D. (2003, January). Effectiveness of online assessment. In Proceedings of the 34th SIGCSE technical symposium on Computer science education (pp. 137-141).

Zolfaghari, F., & Ahmadi, A. (2016). Assessment literacy components across subject matters. Cogent Education, 3(1), 1252561.

Downloads

Published

2023-08-02