Penyuluhan pada Siswa: Kinerja Guru sebagai Model Perilaku Positif dalam Pembelajaran dan Kehidupan Siswa di SMPN 83 Jakarta

Authors

  • Metha Lubis
  • Gunartin Gunartin
  • Surasni Surasni

Abstract

 

ABTRAK

Pengabdian kepada masyarakat (PkM) bertujuan untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi pada siswa agar memiliki kesadaran tentang manfaat mengetahui dan atau peduli tehadap kinerja guru sebagai model perilaku positif yang akan menunjang pembelajaran dan kehidupan siswa. Model perilaku positif yang dimaksudkan adalah guru yang memberikan atau menunjukkan sikap/ perilaku yang baik selama disekolah maupun diluar sekolah. Hal ini dikarenakan guru merupakan model bagi siswa dalam bertidak maupun berperilaku. PkM dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang yang dilaksanakan di SMP Negeri 83 Jakarta. Penyuluhan diberikan kepada siswa dengan harapan dapat berbagi pengetahuan, informasi dan wawasan dalam memotivasi siswa serta memberikan kesadaran pada siswa bahwa pentingnya mengetahui kinerja guru yaitu salah satunya perilaku guru untuk menumbuhkan sikap dan perilaku positif pada siswa. Adapun yang dilakukan untuk terlaksananya PkM ini adalah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah baik kepala sekolah, guru bidang studi maupun guru BK guna membahas hal-hal yang diperlukan dalam PkM.

Kata kunci: Model Perilaku Positif, Siswa, Kinerja Guru

 

References

Chan, K. H. and Yuen, K. Y. (2020). COVID-19 epidemic: disentangling the reemerging controversy about medical facemasks from an epidemiological perspective’, International journal of epidemiology. doi: 10.1093/ije/dyaa044.

Eikenberry, S. E. et al. (2020). To mask or not to mask: Modeling the potential for face mask use by the general public to curtail the COVID-19 pandemic, Infectious Disease Modelling. Elsevier Ltd, 5, pp. 293–308. doi: 10.1016/j.idm.2020.04.001.

Handayani, R. T., Arradini, D., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Pandemic Covid-19, Body Immunity Response, and Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. 10(3), 373-380.

Li, D. T. S., Perera, L., & Neelakantan, P. (2020). Facial protection in the era of COVID-19: A narrative review. (May). 1–9. https://doi.org/10.1111/odi.13460.

Lickona, T. (2018). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon and Schuster.

McKown, C., Gumbiner, L. M., Russo, N. M., & Lipton, M. (2016). Socialization of character: A multisource, longitudinal analysis of youth's moral motivations. Child Development, 87(6), 1751-1762.

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas syiah Kuala, pp.103-117, ISSN 2302-0180.

Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wang, C. J., Ng, C. Y. and Brook, R. H. (2020). Response to COVID-19 in Taiwan: Big Data Analytics, New Technology, and Proactive Testing’, JAMA. Journal of the American Medical Association. doi: 10.1001/jama.2020.3151.

Downloads

Published

2024-01-19