Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project pada Kurikulum Merdeka di SMPN 20 Dumai
Abstract
ABTRAK
PkM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru mata Pelajaran di SMPN 20 Dumai mengenai pengembangan modul ajar pada kurikulum merdeka. Dumai Modul ajar kurikulum merdeka merupakan pengganti dari RPP yang berformat dan bersifat variatif yang meliputi materi/ konten pembelajaran, metode pembelajaran, interpretasi, dan teknik mengevaluasi yang disusun secara sistematis dan memukau untuk mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. PkM dilakukan oleh 3 orang dosen dan melibatkan 3 orang mahasiswa. Kegiatan ini selama 3 hari pada tanggal 9-11 Oktober 2023. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan observasi mengenai kebutuhan guru dalam pengembangan modul ajar. Setelah melakukan observasi ditemukan bahwa sebagian besar guru belum paham muatan isi pada kurikulum merdeka. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pelatihan bagaimana mengembangkan modul ajar pada kurikulum merdeka di SMPN 20 Dumai.
Kata kunci: Pendidikan formal, Modul ajar, Kurikulum merdeka
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210.
Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & Wijayaningputri, A. R. (2023). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 126-133.
Nashito, F., Silvi, M., Puspita, M., & Safrizal, S. (2023). Deskripsi Tingkat Pemahaman Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Calon Guru MI UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 186-195.
Nuryadi, A., Pelamonia, S. P., Harmono, B. A., Jayanti, S. D., & Putri, N. F. S. (2023). Identifikasi Instrumen Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mahasiswa Ppg Penjas Daljab Kategori 2. SNHRP, 5, 2276-2283.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registration number ISSN 2997-345X (print) 2828-2744 (online) published by program studi pendidikan ekonomi universitas pamulang, applies the following Copyright and License provisions:
Copyright:
- Copyright of the published article belongs to the author.
- The author acknowledges that Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has the right to publish the first time under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors can submit articles separately, regulating the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into another version by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are allowed to:
- Share copy and redistribute this material in any medium or format.
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is distributed under Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License