Modul Ajar Berbasis TPACK dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru

Authors

  • Purwati Yuni Rahayu Universitas Pamulang
  • Kusworo Kusworo Universitas Pamulang
  • Arip Rahman Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu 1) guru mampu mengetahui modul ajar berbasis TPACK sebagai salah satu pengembangan kompetensi pendidik; 2) guru mampu meningkat pengembangan keprofesian berlanjutan salah satunya bahan ajar yang relevan. Teknik pengabdian yang dilaksanakan pengabdian yakni sosialisasi modul berbasis TPACK serta meberikan pendampingan secara langsung terkait dengan modul berbasis TPACK dalam bentuk praktik baik peningkatan keprofesian berlanjutan. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di SMA 1926 Tangerang Selatan dapat diketahui hasil yang baik dan positif diterima oleh para guru di SMA 1926 Tangeang Selatan. Kegiatan pelaksanaan pengabdian diawali dengan paparan materi modul berbasis TPACK dimana para guru memahmi sekali pentingnya peningkatan profesionalisme seorang pendidik. Hasi pelaksanaan pengabdian menunjukkan guru-guru mampu mengetahui berbagai bahan ajar pada pembelajaran inovatif yang dibutuhkan oleh peserta didik. Selain itu, para guru juga diberikan adanya berbagai bentuk karya ilmiah lainnya seperti artikel ilmiah dan opini sebagai bentuk peningkatan keprofesionalismenya dalam lingkungan pendidikan.

Kata kunci: guru; modul; kompetensi; TPACK

Downloads

Published

2025-02-05