Mengatasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik

Authors

  • Rusmaini Rusmaini Universitas Pamulang
  • Gunartin Gunartin Universitas Pamulang
  • Surasni Surasni
  • Metha Lubis Universitas Pamulang

Abstract

Dimasa pandemi ini pembelajaran secara daring dan banyak menghabiskan waktu dirumah. Dengan membiasakan diri dirumah terkadang membuat seseorang kurang bersemangat untuk belajar/mengajar dan mengerjakan tugas sekolah. Perilaku terlambat atau menunda mengerjakan tugas ini seperti sudah membudaya di kalangan masyarkat. Faktor yang paling dominan dalam penundaan mengerjakan tugas (prokrastinasi akademik) adalah malas sedangkan faktor lainnya dalam pembentukan prokrastinasi akademik adalah penggunaan media sosial dan media massa yang tidak tepat, sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang yang kurang memadai dan pergaulan teman sebaya. Dalam menyelesaikan tugas-tugas di kalangan masyarakat terutama dunia pendidikan masih banyak perilaku yang tidak tepat waktu, atau menunda mengerjakan tugas sehingga tidak menyerahkan tugas yang diberikan pada waktu yang telah ditentukan. Penyuluhan yang akan dilaksanakan pada guru SMP PGRI 363 Pondok Petir ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan dan keilmuan dengan saling sharing dalam memberikan informasi untuk mengatasi masalah faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik agar bisa menghargai waktu dan mengerjakan tugas tepat waktu demi kebaikan masa depan terhadap pembelajaran anak dan pekerjaan sebagai seorang guru selama masa pandemi.
Kata kunci: Faktor Mempengaruhi; Mengatasi; Prokrastinasi Akademik

Author Biography

Rusmaini Rusmaini, Universitas Pamulang

Pendidikan Ekonomi

References

Carol, W., Carol, T. (2010) Psikologi Edisi Sembilan. Jakarta : Erlangga

Fauziah, Irianton. (2010). Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsierdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma

Ferrari, R. Joseph., et.al. (2015). Procrastination and task avoidance : Theory, research and treatment. New York : Springer Science Buisness Media

Gufron, Nur dan Risnawita, Rini. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hampton, Amber E. (2005). “Locus of Control and Procrastinationâ€. Journal Epistimis. Vol.6, No.14, 2015 Hal 3-5.

Jansen, Amber E. (2015). “Locus of Control and Procrastinationâ€. Journal Epistimis. Vol.6, No.14, 2015 Hal 3-5.

Rusmaini, Purwati Yuni Rahayu (2019). Analisis Faktor-Faktor Penentu Prokrastinasi Akademik Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis. Vol X No X Bulan 2019.

Sobur, A. (2006). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Syah,Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Van Wyk, Westervelt, P., D. B. Trowbridge, L.G. Epstein, B. M. Blumberg, Y.Li, B.H. Hahn,G. M. Shaw, R.W. Price, and L. Ratner. (2009). Macrophage Tropism Determinants of Human Immunodeficiency Virus Type 1 In Vivo. J. Vol. 66(4) : 2577-258.

Downloads

Published

2021-06-07