Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Media Pembelajaran: Studi Kasus Yayasan PGRI, Pondok Petir, Jawa Barat

Authors

  • Lodya Sesriyani Universitas Pamulang
  • Syamsul Anwar Universitas Pamulang
  • Syafaatul Hidayati Universitas Pamulang
  • Fanni Erda Tasia Universitas Pamulang
  • Badrus Sholeh Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan dari PKM ini adalah untuk mensosialisasikan IG yang notabene adalah media sosial dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang. PKM ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian salah seorang tim PKM yang telah membuktikan bahwa IG dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah Bahasa Inggris di Unpam.. Fitur IG yang beragam dapat dimaksimalkan sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kemudian kegiatan berikutnya guru diminta untuk melakukan praktek bagaimana secara langsung mulai dari mengembangkan materi, menyampaikan hingga proses evaluasi menggunakan IG. Kemudian terakhir dilakukan uji coba kepada salah satu kelas yang diampu oleh salah satu guru yang merupakan peserta PKM. Tindak lanjut dari PKM ini adalah PKM berkelanjutan yang dapat menerapkan sosial media atau platform daring yang lain seperti FB atau Youtube. PKM seperti ini diharapkan dapat membuka wawasan maupun pengetahuan guru- guru dalam mengatasi kebingungan dalam menyiapkan aktifitas kelas pada masa pendemi seperti sekarang ini.
Kata kunci: Instagram, Media Pembelajaran, Pandemi

 

References

Arends, R. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Satu. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aydin, S. 2014. Foreign language learners’ interactions with their teachers on Facebook. System,42(1), 155–163

Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika

B. Belardi. 2013. Texting While Studying: New Study from McGraw-Hill Education Reveals That Technology Can Be Students’ Best Friend and Worst Enemy. McGraw-Hill Education.

Bexheti, Lejla A, Burim E. Ismaili, and Betim H. Cico. 2014. “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU.†Proceedings of the International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computer: 90-94.

Erarslan, A. 2019. Instagram as an Education Platform for EFL Learners. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET

Jaya, F et all. 2020. Pelatihan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Digital Bagi Guru di Yayasan Wiyata Mandala Muslimin Indonesia. Jurnal Jamaika

Sesriyani, L., & Sukmawati, N. N. 2019. Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis

Downloads

Published

2021-06-07