Mewujudkan Masyarakat yang Mandiri pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Pelatihan Berwirausaha Berbasis E-commerce

Authors

  • Fika Rahmanita Universitas Pamulang
  • Sulfi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Metha Lubis

Abstract

PBerwirausaha dapat mengasah kreatifitas sekaligus membantu perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kreativitas dan kemampuan dalam berwirausaha. Maka dari itu dilakukan pengabdian masyarakat dengan tema “Mewujudkan Masyarakat yang Mandiri pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Pelatihan Berwirausaha Berbasis E-commerce.†Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi kegiatan untuk meningkatkan motivasi, demonstrasi pembuatan akun e-commerce dan praktek pembuatan akun oleh peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta, 5 mahasiswa dan 3 dosen Pendidikan Ekonomi. Berdasarkan hasil kegiatan diketahui bahwa motivasi dan kemampuan peserta dalam berwirausaha meningkat. Namun, pada kegiatan praktik pembuatan akun e-commerce diketahui terdapat 19 peserta dapat mengikuti arahan dan 1 peserta lainnya belum menyelesaikan proses pembuatan akun sesuai dengan waktu yang ditentukan. Sehingga hal ini dapat menjadi masukan bagi kegiatan selanjutnya untuk dapat mengembangkan proses kegiatan pengabdian terutama pada praktik pelatihan.

Kata kunci: kewirausahaan, e-commerce

References

Adiwihardja. 2016. E-commerce Sebagai Model Inovasi Teknologi Strategi Entrepreneur Menurut Preferensi Pengguna Pada Jakartanotebook.Com. Bina Insani Ict Journal Vol. 3, No. 1, Juni 2016, 153-163.

Agrawal and Sharma. 2020. Impact Of Online Shopping On Retailers With Reference To Jaipur City. An International Bilingual Peer Reviewed Refereed Research Journal Vol. 7, Issue 26 (Iii), April-June, 2020 Page Nos. 70-76.

Ananda, Dan Rafida, Tien. 2016. Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Anwar and Saleem. 2019. Exploring entrepreneurial characteristics among university students: an evidence from India. Asia Pacific Journal of Innovationand EntrepreneurshipEmerald Publishing Limited (2398-7812).

Chakravatri, et.al. 2020. Microservices Ä°n E-Commerce: An Approach To Avoid Monolithic Architecture. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 29, No. 8, (2020), pp.4221-4228.

Chen, Bodong. 2015. From Theory Use to Theory Building in Learning Analytics: A Commentary on “Learning Analytics to Support Teachers during Synchronous CSCLâ€. ournal of Learning Analytics, 2(2), 163–168.

Fadiati Dan Purwana. 2011. Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isoraite dan Miniotiene. 2018. Electronic Commerce: Theory and Practice Volume 2 Issue 2, pp. 73-79.

Maulana, Susilo dan Riyadi. 2015. Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No. 1 Desember 2015.

Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Kesehatan. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020.

Santoso. 2012. 7 Keajaiban Rezeki, Rezeki Bertambah, Nasib Berubah Dalam 99 Hari, Dengan Otak Kanan. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-06-07