Jago Pidato dengan Teknik Chuncking dan Pausing

Authors

  • Purwanti Taman Universitas Pamulang
  • Sukma Septian Nasution Universitas Pamulang
  • Tito Dimas Atmawijaya Universitas Pamulang
  • Anita Kusumawati Universitas Pamulang
  • Ruisah Ruisah Universitas Pamulang

Abstract

Salah satu indikator penilaian dalam berpidato adalah kemampuan untuk memunculkan jeda dan penekanan pada kata yang dianggap memiliki makna lebih untuk disampaikan kepada pendengar. Kemampuan ini dapat meningkatkan tingkat pemahaman sekaligus atensi pendengar. Pengabdian masyarakat ini mengusung pelatihan penggunaan chuncking dan pausing dalam berpidato dengan melibatkan 40 santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Qur’an, Ciseeng, Bogor. Rangkaian kegiatan menunjukkan hasil yang sesuai dengan target. Berdasarkan observasi kegiatan santri serta wawancara terhadap observer, disimpulkan bahwa pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan selama tiga hari tersebut mampu meningkatkan wawasan dan kemampuan santri dalam chuncking dan pausing ketika berpidato. Kemampuan ini meningkatkan pemahaman dan atensi pendengar sehingga kemampuan berpidato para santri meningkat..
Kata kunci: Chuncking, Pausing, Pengabdian Masyarakat, Pidato

 

Author Biographies

Purwanti Taman, Universitas Pamulang

English Literature

Sukma Septian Nasution, Universitas Pamulang

English

Tito Dimas Atmawijaya, Universitas Pamulang

English Literature

Anita Kusumawati, Universitas Pamulang

English Literature

Ruisah Ruisah, Universitas Pamulang

English Literature

References

Anggraini, R.(2015). The Effectiveness of Using Chunking Strategy to Improve Students’ Reading Comprehension at the Second Year of SMP Negeri 2 Barombong. ETERNAL: English, Teaching, Learning, and Research Journal. 1(2). 299 - 312. doi: https://doi.org/10.24252/Eternal.V12.2015.A11

Arulmozhi, P. & Ramakrishnan, A.G. “Prediction of Pauses in TTS - Tamil,†in Conference: Tamil internet 2010, 2010.

Gilbert, A., Boucher, V.J., and Jemel, B. (2011). the role of rhythmic chunking in speech: synthesis of findings and evidence from statistical learning. Retrieved on July 12th 2020 at https://www.researchgate.net/publication/257297472

Malamed, Connie. Chunking Information for Instructional Design. Online. Retrieved on July, 12th 2020 at http://theelearningcoach.com/elearning_design/ chunking-information/.2015.

Nasution, S., Irawan, B., Aziz, A., Ahmad, A., & Suwardi, S. (2020). Pelatihan Debat Parlementer Untuk Meningkatkan Motivasi Santri Dalam Berbicara Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 92-104. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1943

Nasution, S., & Sukmawati, N. (2019). Model United Nations: Improving the Students' Speaking Skill. JEES (Journal of English Educators Society), 4(2), 47-52. doi:http://doi.org/10.21070/jees.v4i2.2100

Prathibba, R.J., & Padma, M.C. (2017). Shallow Parser for Kannada Sentences Using Machine Learning Approach. International Journal of Computational Linguistics Research. 8(4). 158–170.

Putra Negara, A., Magdalena, Y., Nyoto, R., & Sujaini, H. (2019). Chunking Phrase to Predict Pause Break in Pontianak Malay Language. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, , 128-139. doi:10.24843/LKJITI.2019.v10.i03.p01

Sarkar, P. & Sreenivasa Rao, K. (2015). "Data-Driven Pause Prediction for Synthesis of Storytelling Style Speech Based On Discourse Modes," In: 2015 IEEE International Conference on Electronics, Computing and Communication Technologies.

Tanaka, A., Sakamoto, s. & Suzuki, Y. (2011). Effects of pause duration and speech rate on sentence intelligibility in younger and older adult listeners. Journal of the Acoustical Society of Japan (E). 32(6). 264-267. doi: https://doi.org/10.1250/ast.32.264

Truong Do, Q. Sakti, S., Neubig, G., Toda, T., & Nakamura, S. (2015). "Improving Translation of Emphasis with Pause Prediction in Speech-to-Speech Translation Systems," Japan: Nara Institute of Science and Technology, 2015.

Downloads

Published

2021-06-07