Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Purwati Yuni Rahayu Universitas Pamulang
  • Kusworo Kusworo Universitas Pamulang
  • Nasmal Hamda Universitas Pamulang
  • Heri Indra Gunawan Universitas Pamulang
  • Fitra Jaya Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan belajar mengajar secara daring di masa Pandemi Covid-19 perlu dilakukan dengan strategi yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Ada banyak sekali permasalahan yang sering dijumpai selama proses belajar mengajar di masa Pandemi ini berlangsung. Dengan berbagai masalah tersebut, adanya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Hal tersebut tentu perlu ditunjang oleh kemampuan dan keterampilan guru dalam mengoperasikan sarana dan prasarana yang ada. Penggunaan teknologi menggunakan sarana prasarana sekolah dapat menghasilkan sebuah media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar di masa Pandemic. Salah satunya adalah video pembelajaran. Melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis android diharapkan dapat meringankan beban guru dalam mencapai target tujuan pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami serta mengulas kembali materi secara mandiri khususnya di masa Pandemi Covid-19.
Kata kunci: android; pandemic Covid-19; video pembelajaran

References

Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Kusworo, K., Rusmaini, R., Sholeh, B., & Jaya, F. (2019). Pembaharuan Pembelajaran Pendidikan Ekonomi.

Kusworo, K, Rahayu, Purwati Yuni, Gunawan, H. I. (2020). PUBLIKASI KARYA ILMIAH SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERLANJUTAN. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(Mei), 211–217.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).

Setiawan, L. D. (2020). Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa).

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Woro, K. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(1), 84–97. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i1.11

Downloads

Published

2021-06-07