PENGARUH INTERNET MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG ANGKATAN 2015 YANG MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Internet Marketing dan Kepercayaan baik secara bersama-sama maupun secara langsung terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory
research dengan tenik sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang angkatan 2015 yang
melakukan pembelian online melalui media sosial Facebook sebanyak 116 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dapat diketahui bahwa pengaruh Internet Marketing terhadap Kepercayaan Pelanggan secara langsung adalah signif ikan dan bernilai positif dengan nilai
koefesien path sebesar 0,763 dengan probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Kepercayaan Pelanggan memiliki pengaruh secara langsung terhadap Keputusan
Pembelian dan bernilai positif dengan nilai koefesien path sebesar 0,401 dengan probabilitas t sebesar 0,001 (0,001<0,05). Internet Marketing memiliki pengaruh secara
langsung terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,247 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,034 (0,034<0,05). Secara tidak langsung pengaruh Internet Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Pelanggan adalah sebesar 0,307.
Kata Kunci: Internet Marketing, Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian