KBS (KARTU BERBAHASA) SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN SIKAP BERBAHASA PESERTA DIDIK

Authors

  • Lutfi Syauki Faznur Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Secara umum karakter siswa taman kamak-kanak sangat ditentukan oleh sikap berbahasa Indonesia mereka. Apakah para peserta didik memiliki sikap berbahasa yang positif atau negatif terhadap bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki banyak kaidah yang harus dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mennghasilkan suatu produk media pembelajaran kartu berbahsa dalam memperkenalkan kaidah bahasa Indonesia untuk siswa TK FIP UMJ.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)  yang menggunakan prosedur penelitian dari Borg dan Gall. Penelitian menggunakan 7 dari 10 langkah Borg dan Gall, yaitu: tahap pengumpulan data awal, tahap perencanaan, tahap desain produk awal, tahap uji coba produk, tahap revisi produk dari ahli media dan ahli materi, tahap uji coba lapangan, dan tahap produk akhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa TK FIP UMJ. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif presentase.

Hasil penelitian dan pengembangan kartu berbahasa ini dikategorikan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 81%. Dari segi kelayakan media sebesar 82%, sedangkan dari ahli materi segi kelayakan sebesar 91%. Secara keseluruhan kartu berbahasa ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa indonesia dalam menentukan sikap berbahasa siswa TK setelah melalui tahap uji coba dengan kategori kelayakan sangat baik.

 

Kata Kunci: Kartu berbahasa, sikap berbahasa, TK

Downloads

Published

2018-12-20