PERDEBATAN PARA FILSUF TENTANG BAHASA: MULA AWAL MUNCULNYA KAJIAN FILSAFAT BAHASA

Authors

  • Mohamad Ramdon Dasuki Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Bahasa seperti yang dikenal oleh banyak kalangan merupakan alat komunikasi, tetapi sejak abad modern ini tugas atau fungsi bahasa itu sendiri sudah tidak lagi sebagai alat komunikasi semata. Peran bahasa saat ini telah mengalami perubahan cukup signifikan, sejak abad ke-20 bahasa telah  menjadi objek kajian yang serius serta banyak diminati oleh banyak kalangan. Namun demikian bahasa tidak dijadikan sebagai kajian akhir atau tujuan akhir (seperti para ahli bahasa). Melainkan menjadi kajian sementara atau objek sementara guna mendapatkan kejelasan dari hakekat pengetahuan suatu konsep (misal sederhana, perkataan : Cogito Ergo Sum “ aku berpikir maka aku ada ….â€).

Bahasa lebih memiliki makna yang tersendiri dibanding dengan peran bahasa sebelum-sebelumnya, kini bahasa banyak dibahas dan dikaji guna memperoleh suatu pengetahuan. Berbagai temuan dan pengetahuan baru banyak lahir dari kajian bahasa, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit, tetapi tidak berhenti hanya pada bahasa sebagai objek melainkan sebagai batu loncatan guna mendapatkan suatu temuan baru.

Lalu pertanyaannya adalah sejak kapan kajian itu dimulai? Seperti apa mula kajian itu terjadi, apakah dari dahulu kajian ini memang tidak memiliki definisi yang jelas dan pasti ataukah sebenarnya sudah memiliki bangunan keilmuan tersendiri ?

Secara historis kajian filsafat bahasa telah ada semenjak zaman purba sebagaimana juga telah menjadi salah satu pembahasan para filsuf Yunani pada zaman dahulu, namun belakangan tema ini mulai ramai diminati. Kecenderungan bahasa menjadi salah satu pusat kajian di era modern ini juga pernah diungkap Ferdinand de Saussure (1857.M.-1913.M) sebagai salah satu tokoh linguistik modern. 

Downloads

Published

2018-12-20