RELASI SIMBOL TERHADAP MAKNA DALAM KONTEKS PEMAHAMAN TERHADAP TEKS

Authors

  • Ridwan Effendi

Abstract

ABSTRAKSI

Ada tiga aspek yang akan mempengaruhi cara pandang seseorang untuk menentukan sikap atau memberikan solusi dalam memahami teks dan konteks supaya terjadi keseimbangan dalam penilaian atas sebuah kasus. Ketiga aspek tersebut meliputi simbol, frame dan Realitas. Simbol berkaitan dengan pemaknaan sesuatu yang dipandang oleh subjek individu. Sedangkan Frame adalah cara sistem nilai pemikiran yang terbangun dalam benak individu seseorang. Adapun realitas merupakan hasil dari cara pandang subjek individu terhadap simbol yang perlu dimaknai.

Jadi Makalah ini akan membicarakan seputar teks dan konteks, simbol dan pemaknaan, yang pada gilirannya mengajak untuk dapat berfikir secara konprehensip dengan pendekatan kebahasaan yang dikaitkan dengan ekonomi, polotik, budaya, ideologi dan social.

Dengan demikian tiga unsur penting tadi (Simbol, Frame dan realitas) menjadi sumber pokok dalam pijakan untuk memahami sesuatu supaya bisa diambil bengang merahnya dalm menentukan sikap.

  para pembaca untuk bisa memahami suatu permasalahan atau objek kajian berdasarkan tiga aspek tersebut. Akhirnya diharapkan bagi kalangan akademis bisa menjadi masukan cara berfikir untuk membangun konstruksi pemikiran yang objektif sehingga bisa menyelesaikan masalah denhgan pendekatan memakhami teks dan konteks, simbol dan makna.

Downloads

Published

2018-12-20