Media Belajar Batik Berbasis Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Eneng Tita Tosida Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan
  • Agung Djati Walujo Manajemen STIE Dewantara
  • Deden Ardiansyah Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan
  • Yuliani Yuliani Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan

Abstract

Abstrak

Bogor merupakan salah satu destinasi pariwisata saat ini terus mengembangkan produk-produk kriya untuk menjadi oleh-oleh wisatawan, salah satunya adalah batik bogor. Penjualan batik bogor tidak berbeda dengan penjualan batik lain, padahal batik mengandung filosofi yang sangat mendalam maknanya terkait dengan kearifan lokal. Setiap motif memiliki arti dan maksud penciptanya, bahkan tidak sedikit yang menciptakan motif seperti sebuah wejangan kepada generasi penerus bangsa agar mampu mandiri dengan selalu mengusung kekuatan kearifan lokal. Minat belajar siswa terhadap kearifan lokal semakin menurun,apalagi jika upaya pemerintah tidak cukup kuat untuk mempromosikannya. Minat belajar generasi muda saat ini memiliki gaya yang berbeda, karena lebih tertarik pada aplikasi-aplikasi yang dikeluarkan oleh berbagai vendor melalui perangkat gawai. Oleh karena itu untuk memenuhi minat siswa terhadap aplikasi berbasis gawai, maka salah satu cara meningkatkan minat belajar siswa terhadap kearifan lokal khususnya tentang batik ini diintegrasikan ke dalam teknologi gawai berbasis Augmented Reality. Teknologi ini mampu meningkatkan minat belajar siswa setelah diuji coba terhadap siswa SD.

Kata Kunci : Batik Bogor, Gawai, Markerless Augmented Reality, Kearifan Lokal

Downloads

Published

2019-01-08