Analisis Keputusan Pembelian Konsumen dari Sisi Normtif dan Informatif Pada Supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat dari segi normatif dan informatif pemasaran yang selalu berubah dan berkembang pada supermarket Giant Pamulang, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara pengamatan, wawancara dan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah langganan pembeli di supermarket Giant Pamulang, Tangerang selatan. Bentuk analisisnya fokus pada faktor normatif dan informatif serta gabungan keduanya dalam proses keputusan pembelian di supermarket terkait produk- produk berupa barang-barang konsumsi. Dari hasil pengamatan Keputusan pembelian masyarakat dan konsumen supermarket Giant Pamulang, Tangerang selatan, dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: konsumen lebih konsen terhadap kualitas produk dan mulai memperhatikan sisi moral dan tanggung jawab sosial perusahaan, perubahan gaya hidup karena peningkatan jumlah pendapatan yang diterima, pendidikan yang semakin baik, dan juga karena perubahan nilai-nilai budaya serta lokasi supermarket yang tidak jauh dari tempat tinggal dan fasilitas fisik supermarket.
Kata Kunci : Faktor Normatif dan Informatif Pemasaran, Keputusan Pembelian