RELEVANSI STRUKTUR KEPEMILIKAN TENTANG PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Industri Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017)

Authors

  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah Industri Manufaktur di Indonesia 2010 hingga periode 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah Industri Manufaktur sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Analisis regresi dilakukan berdasarkan hasil analisis pool data.

Penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:. (1) Variabel Insider Ownership (INSD) berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas (ROE), (2). Institusional  Ownership (INST) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROE) (3). Foreign Ownership (FORG) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROE) (4) Public Ownership (PUBL) berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (ROE) (5). INSD, INST, FORG, dan PUBL secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (ROE) dan mampu menjelaskan variabel Profitabilitas sebesar 0.795130, atau 79,51 persen, (6) Variabel Insider Ownership (INSD) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), 7). Institusional  Ownership (INST) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) (8). Foreign Ownership (FORG) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV)  (9) Public Ownership (PUBL) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) (10). INSD, INST, FORG, dan PUBL secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Indonesia periode 2010-2017, dan mampu menjelaskan variabel Nilai Perusahaan  sebesar 0.645845, atau 64,58 persen.

 

Kata Kunci: Struktur Kepemilikan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2019-01-08