ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TEH PUCUK HARUM (Studi Kasus Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Kota Tangerang Selatan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keputusan pembelian yaitu bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembeian. Studi Kasus Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Kota Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 Responden. Uji statistik yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini, menunjukan secara keseluruahan factor-faktor keputusan pembelian yakni bintang iklan, media iklan televisi, harga dan kualitas produk terhadap Brand Awareness berpengaruh signifikan. Selanjutnya diketahui dalam Path Analysis pengaruh Bintang Iklan terhadap Brand Awareness negative(tidak berpengaruh), namun variabel media iklan televisi, harga, kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand Awarenes. sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yakni bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk dan Brand Awareness terhadap keputusan pembelian secara keseluruahan signifikan. Selanjutnya diketahui dalam Path Analysis Variabel Harga memiliki nilai negative (tidak berpengaruh) terhadap keputusan pembelian. Sedangkan bintang iklan, media iklan telvisi, kualitas produk, dan Brand Awareness memliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui Juga, keseluruhan variabel bintang ikan, media iklan televisi, harg, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui variabel Brand Awareness memiliki pangaruh tidak langsung yang baik terhadap keputusan pembelian melalui Brand Awarenes namun variabel bintang iklan terhadap keputusan pembelian melalui variabel Brand Awareness memiliki pengaruh tidak langsung yang negative (tidak ada pengaruh). Dan pengaruh total kesuluruahan variabel bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui variable Brand Awareness memiliki pengaruh total yang signifikan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk dapat menjelaskan variabel Brand Awareness sebesar 0. 396 dengan Error 0.604. dan hasil uji koefisien determinasi menunjukan bintang iklan, media iklan televisi, harga, kualitas produk, brand awareness dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 0.501 dengan Error 0.499