PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang )
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi dna disiplin terhadap prestasi belajar baik secara parsial amupun simultan.Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik survey. Pendekatan analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis statistik yang dipakai dalam penelitian adalah statistik nonparametrik. Sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa. Denga teknik analisis yang digunakan adalah regresi liniear berganda. Hail penelitian menunjukan bahwa komptensi memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai koefisien 0,753, l Motivasi memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar nilai koefisien 0,256, , Disiplin memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar dengan nilai koefisien 0,418 atau 41,8% dan berdasarkanHasil uji simultan yang telah dilakukan maka variabel Kompetensi, Motivasi dan Disiplin memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar nilai koefisien determinasi sebesar 0,756 artinya data tersebut mengindikasikan bahwa Komptensi, Motivasi dan Disiplin secara bersama- sama mempunyai kontribusi sebesar 75,6% terhadap Prestasi Belajar dan selebihnya 24,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, misalnya gaya belajar, kepribadian mahasiswa dan yang lainya.
Kata kunci : Kompetensi, Motivasi, Disiplin dan Prestasi Belajar