PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERSUASI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL

Authors

  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aulia Indah Rahma Fillah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis persuasi siswa di SMP PGRI 2 Ciputat. Permasalahan tersebut penulis termotivasi untuk meneliti apa yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan menulis persuasi siswa. Untuk itu, peneliti menerapkan media audiovisual (video mengenai “Dampak Penyalahgunaan Narkobaâ€). Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis persuasi berbantuan media audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 2 Ciputat dengan populasi kelas VIII sebanyak 220 siswa, dengan sampel 85. Pada kelas kontrol sebanyak 41 siswa sedangkan pada kelas eksperimen sebanyak 44 siswa. Dengan hipotesis penggunaan media audiovisual dengan pembelajaran berbasis masalah terhadap menulis persuasi berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media audiovisual. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian yang sebelumnya divalidasi oleh ahli, serta data berdistribusi normal, dan homogen. Hasil hipotesis menunjukan thitung= 4.717 dan ttabel= 1.6669, maka (thitung > ttabel) sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audiovisual terhadap menulis teks persuasi. Kata Kunci: kemampuan menulis, teks persuasi, metode pembelajaran berbasis masalah, media audiovisual

Downloads

Published

2020-01-13