KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN MARGAMULYA III

Authors

  • Aca Suhendar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aisyah Asharini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dendy Seftian Nugraha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mia Amalia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nabilla Rahma Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Puput Dianarti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN Margamulya III dengan menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes membaca atau kuesioner, dengan siswa sebanyak 26 orang, di antaranya 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini di dasari pada wawancara peneliti kepada wali kelas II tersebut yang menghasilkan hipotesis bahwa kemampuan membaca pada siswa kelas II masih 50% dan belum sempurna, artinya masih banyak yang menggunakan teknik mengeja dan bahkan ada yang belum mampu mengucap serta mengenali huruf tertentu. Karena pendapat tersebut, maka peneliti menguji dengan tiga lembar tes membaca yang berdasarkan pada huruf, suku kata, dan kata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan, peneliti menyimpulkan bahwa mayoritas siswa kelas II di SDN Margamulya III sudah mampu membaca bahkan dalam tempo cepat, serta masuk dalam kategori baik. Namun masih ada beberapa siswa yang belum bisa membaca dengan tempo cepat sehingga pada saat membaca masih mengeja huruf, terutama pada kata yang panjang. Kata Kunci: Membaca, Kemampuan Membaca Permulaan, Penelitian Kualitatif

Downloads

Published

2020-01-13