MEMBACA PEMAHAMAN DALAM UNSUR-UNSUR CERPEN PADA KELAS X IPS 1 SMAN 2 TELUK JAMBE TIMUR

Authors

  • Achmad Khoiruddin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asih Nurjanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Novianti Melinia Syahbani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurul Hopipah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wisanti Wisanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Membaca merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh suatu informasi. Namun rendahnya minat membaca di Indonesia memang menjadi permasalahan yang perlu suatu upaya agar mencapai perubahan agar minat membaca di Indonesia semakin bertambah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh penggiat literasi diberbagai sekolah dengan mengayakan literasi sebelum memulai pembelajaran, selain itu slogan-slogan untuk menarik perhatian membaca juga sering ditemukan di sekolah-sekolah. Namun, pada kenyataannya Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara yang diteliti. Membaca karya satra merupakan cara yanga kami lakukan agar siswa-siswi antusias untuk membaca. Cerpen tersendiri mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik sebagai pembangun dari cerpen tersebut. Cerita yang menarik dari cerpen tersebut diharapkan dapat merangsang minat baca siswa. Adapun tujuan yang diperoleh dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa dalam memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik pada cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang pergunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal dan kuesioner yang disebarkan pada siswa-siswi. Data tersebut kemudian di teliti dan dijelaskan sehingga tergambar tujuan penelitian yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelitian, banyak siswa yang memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Kata Kunci: Membaca pemahaman, cerpen, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, kualitatif deskriptif

Published

2020-01-13