PENGGUNAAN KARYA SASTRA DONGENG DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah. Dengan pendidikan bahasa Indonesia siswa di harapkan mampu mengusai, memahami dan dapat menerapkan keterampilan berbahasa, seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Khususnya dalam tulisan ini akan lebih menjurus kepada unsur keterampialan membaca dengan mengunakan teknik membaca pemahaman dan mengunakan sastra dongeng/cerpen sebagai media pembelajrannya. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk observasi di SMP Negeri 4 Karawang Barat. Bertujuan agar siswa dapat mengetahui, memahami, dan meningkatkan pemahaman tentang unsur intristik dan ekstrinsik sebuah karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data kuensioner, wawancara, dan tes tulis dengan melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia, menjelaskan unsur intristik dan ekstrinsik, serta melakukan tes tulis untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa terhadap karya sastra. Data kemudian dideskripsikan dan dianalisi sehingga tergambar tujuan penelitian yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelitian, setiap kelompok berhasil memahami unsur intristik dan ekstrinsik hal ini menujukan bahwa karya satra membantu siswa dalam memahami isi bacaan akan tetapi, di SMP Negeri 4 Karawang barat masi sedikit penggunaan karya sastra dalam pembelajaran membaca pemahanan hal ini bukanlah kesalahan sekolah melainkan masih sedikit sekali penggunaan karya sastar dalam kurikulum pembelaaran nasional. Kata Kunci: membaca pemahaman, unsur intrinsik, unsur entrinsik,) sastra dongeng sebagai media pembelajaran