MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI CERITA FABEL DAN CERITA SERIAL DI KELAS 2B SDN KARAWANG WETAN III (Studi Deskriptif dan Analisis di Kelas 2B SDN Karawang Wetan III)

Authors

  • Ajeng Dwi Hasnan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Amalia Nur Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Annisa Dian Ramadhania Universitas Singaperbangsa Karawang
  • La’ali Luthfiyyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Syifa Lahfah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • John Timotius Sembiring Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Era milenial saat ini, pendidikan menjadi salah satu komponen dalam kehidupan yang patut diemban oleh seluruh lapisan masyarakat. Tak mengenal usia, untuk mengikuti perkembangan zaman perlu partisipasi penuh dari seluruh kalangan untuk memajukan pendidikan, baik secara formal maupun non formal. Namun, perkembangan teknologi yang berperan dalam memajukan pendidikan, kemajuan ini juga memberikan dampak negatif terutama bagi peserta didik sekolah dasar. Peserta didik sekolah dasar cenderung tertarik pada hal-hal baru seperti permainan pada gawai. Bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, gawai sudah menjadi makanan sehari-hari bagi anak-anak. Padahal kemajuan ini perlu dibarengi dengan keterampilan membaca agar saat anak bermain dengan gawai pun, mereka dapat memahami apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah agar budaya membaca dapat tumbuh khususnya bagi siswa. Membaca dan Menulis merupakan salah satu metode yang cocok bagi siswa sekolah dasar. Siswa sekolah dasar cenderung tertarik pada karya sastra yang dapat membangkitkan visualnya. Cerita fabel dan cerita serial bergambar merupakan salah satu karya sastra yang dapat mendukung keberhasilan untuk meningkatkan minat membaca. Membaca dongeng dan cerita serial memiliki banyak manfaat bagi siswa, diantaranya dapat menambah wawasan siswa mengenai pesan moral yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, menumbuhkan imajinasi siswa, sarana pembelajaran membaca, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat membaca pemahaman bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan analisis. Data yang digunakan untuk menganalisis kemampuan siswa adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan studi dokumentasi yang diajukan pada guru dan siswa. Hasil analisis dan deskripsi data dapat disimpulkan menjadi tujuan penelitian yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hasil yang bervariasi, mulai dari yang sangat mahir dalam membaca dan memahami sampai yang tidak bisa sama sekali. Beberapa faktor ternyata mempengaruhi kemampuan membaca tiap siswa dan pembelajaran di kelas yang kurang memadai karena masalah waktu yang singkat menghambat guru untuk mengembangkan cara mengajarnya. Kata kunci: Cerita Fabel dan Cerita Serial, Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan, Membaca Pemahaman dalam Cerita Fabel dan Cerita Serial

Downloads

Published

2020-01-13