MENINGKATKAN DAYA BACA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DONGENG DI SD NEGERI ADIARSA BARAT IV DI KELAS 2 A
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan dan keterampilan membaca itu sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai jembatan bagi siswa memiliki kemampuan interaktif serta keterampilan berbahasa yang mudah bagi sebagian besar siswa. Namun, tidak semua anak-anak menyukai pembelajaran membaca. Pertama, faktor lingkungan yang berpengaruh dalam proses belajar siswa, siswa akan lancar membaca apabila berteman dengan siswa yang rajin membaca sedangkan siswa akan malas untuk membaca ketika berteman dengan teman yang suka bermain maka faktor lingkungan dapat berpengaruh dalam proses belajar. Kedua, faktor teknologi seperti gawai yang sedang marak dipergunakan oleh anak-anak, mereka akan malas untuk membaca. Karena hal itu, adanya kemampuan membaca permulaan mengenai tahap pertama siswa (anak-anak) dalam belajar membaca. Pada kelas 2 SD Negeri Adiarsa Barat IV adanya tes bacaan yang menggunakan pembelajaran dongeng yaitu dongeng fabel serta media wayang untuk cara pembelajaran membaca yang bervariasi. Siswa akan lebih bersemangat ketika diceritakan dengan alat peraga. Dongeng fabel adalah dongeng yang tokohnya hewan berwatak seperti manusia. Siswa mendapat sitimulus untuk mengimajinasikan suatu cerita yang didengarnya. Adanya data siswa yang bisa membaca dan kurang membaca dapat mempermudahkan untuk menganalisis tingkat daya baca siswa dalam bentuk tabel. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Kata Kunci : Pembelajaran Membaca, Pembelajaran Dongeng, Media wayang, Dongeng Fabel