PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II (Studi Analisis Deskriptif di Sekolah Dasar Kelas II SDN Adiarsa Barat IV)

Authors

  • Arfian Zhulfia Isnaini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Retno Yulianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indri Khoriati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Yuda Firdaus Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Thari Putri Kinanti Ishak Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Viona Ainun Rizki As Sidiq Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK
Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang telah tertanam dalam diri seseorang, kemampuan yang dimiliki seseorang berkembang bila orang tersebut belajar dengan baik. Dalam membaca ada beberapa cara, salah satunya yaitu membaca nyaring. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca dengan cara menyuarakan tulisan yang dibaca dengan suara lantang. Membaca nyaring biasanya digunakan oleh anak-anak dalam melatih kemampuan membacanya. Pada Sekolah Dasar, membaca nyaring digunakan oleh siswa kelas I hingga kelas III. Kemampuan membaca seseorang dapat diketahui melalui tes. Hal tersebut digunakan dalam penelitian yang bertujuan melihat seberapa jauh kemampuan membaca yang dimiliki siswa kelas II SDN Adiarsa Barat IV. Dalam penelitian, peneliti menerapkan salah satu karya sastra yaitu mendongeng. Dongeng yang digunakan ialah dongeng fabel. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memberikan beberapa tes pada siswa kelas II tersebut. Berdasarkan hasil tes serta hasil analisis, menunjukkan profil kemampuan siswa kelas II SDN Adiarsa Barat IV dalam mengeja huruf, membaca suku kata, membaca kata, dan menjawab pertanyaan dapat dikategorikan baik. Kata kunci: kemampuan membaca, membaca nyaring, mendongeng fabel, test, deskriptif kualitatif.

Downloads

Published

2020-01-13