FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KENDALA KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI ADIARSA BARAT IV
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan yang bersifat menerima informasi dan ilmu pengetahuan. Membaca permulaan dimulai dari jenjang TK sampai sekolah dasar dari kelas 1 hingga kelas 2. Namun, kegiatan membaca masih kurang disukai oleh anak-anak karena pada dasarnya mereka masih senang bermain dan belum bisa berkonsentrasi terhadap kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode membaca yang menarik bagi siswa kelas 2 SD Negeri Adiarsa Barat IV dan mengatahui faktor-faktor yang menjadi kendalanya. Penelitian ini menggunakan metode membaca permulaan yaitu metode pengenalan dan pelafalan abjad, suku kata, dan kata, serta menggunakan teks dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca menggunakan metode membaca permulaan dan dongeng dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD Negeri Adiarsa Barat IV, siswa yang lancar membaca sebanyak 36 siswa dengan persentase 80% dari 45 siswa, dan siswa yang tidak lancar membaca sebanyak 9 siswa dengan persentase 20% dari 45 siswa. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi kendala membaca permulaan pada siswa kelas 2 SD Negeri Adiarsa Barat IV, yaitu faktor fisiologi, faktor lingkungan, faktor intelektual, dan faktor psikologis. Kata Kunci: Membaca, Membaca Permulaan, Dongeng, Kemampuan Membaca