MENINGKATAN DAYA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP ALAM KARAWANG

Authors

  • Dewi Noviyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Abdul Karim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Amelia Nurfadilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Munawaroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Shafa Faja Aghnia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yuliani Yuliani Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK
Membaca adalah suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk menambah wawasan atau pengetahuan yang dapat mempengaruhi pola pikir dan cara berbicara seseorang. Dalam membaca mencakup pengenalan terhadap aksara serta tanda baca, mempunyai korelasi aksara beserta tanda-tanda baca dengan unsurunsur linguistik yang formal, dan mempunyai suatu makna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkatan kepemahaman siswa terhadap teks bacaan. Metode yang kami gunakan yaitu metode kuantitatif dan metode deskriptif, metode ini memaparkan jumlah keberhasilan yang kami peroleh serta penjabaran yang lengkap mengenai hasil penelitian. Setelah melakukan penelitian, hasil yang kami peroleh berupa data. Bahwa siswa kelas VIII SMP ALAM KARAWANG telah memahami unsur-unsur pembangun suatu cerita pendek. Membaca pemahaman termasuk ke dalam jenis membaca intensif. Membaca pemahaman bertujuan untuk memperoleh ide-ide pokok bacaan. Cerpen adalah salah satu karya sastra modern yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Dalam menentukan unsur intrinsik cerpen, membaca pemahaman sangat diperlukan. karena untuk memahami isi dalam cerita pendek. Teks yang kami gunakan yaitu cerita pendek yang berjudul “Mimpi Anak Bangsa†yang telah kami berikan kepada siswa kelas VIII di SMP ALAM KARAWANG. Jadi, kemampuan membaca pemahaman sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa kemampuan yang dimiliki siswa dalam menentukan unsur-unsur dalam cerpen. Kata Kunci : membaca,membacapemahaman, sastra, cerpen, kuantitatif, deskritif

Downloads

Published

2020-01-13